5 Negara Dunia dengan Jumlah Orang Terkaya Paling Banyak, Nomor 4 Gak Nyangka


Pernah bertanya-tanya gak di negara mana kira-kira orang terkaya paling banyak tinggal? Sejauh ini tercatat ada beberapa negara di dunia dengan populasi orang terkaya terbesar.

Seperti yang diinformasikan The Wealth-X Billionaire Census 2018, ada 2.754 orang terkaya di dunia saat ini. Di Asia-Pasifik aja jumlah yang tercatat mencapai 816 orang. Sementara di Amerika jumlahnya mencapai 884 orang. Sisanya tersebar di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Angka-angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2016. Saat itu jumlah orang terkaya di dunia mencapai 2.397 orang. Pada tahun tersebut, orang terkaya di Asia-Pasifik tercatat 632 orang. Sementara di Amerika jumlahnya 798 orang.

Dari banyaknya orang terkaya tersebut, ada lima negara yang menyumbang angka terbesar. Siapa aja negara tersebut? Yuk simak ulasannya yang dikutip dari CNBC.

1. Amerika Serikat

 
Bukan hal yang mengejutkan kalau negara ini memiliki banyak orang terkaya. Figur-figur kenamaan seperti Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett hingga keluarga Rockefeller, semuanya berasal dari Amerika Serikat.

Negeri Paman Sam ini tercatat memiliki 680 orang terkaya. Kalau digabungkan jadi satu, total jumlah kekayaan seluruh orang paling tajir di Amerika mencapai US$ 3,2 triliun atau Rp 47.772 triliun.

Dibandingkan dengan produk domestik bruto (PDB) Indonesia US$ 1,015 triliun, jumlah kekayaan orang paling tajir di Amerika Serikat masih jauh lebih besar.

2. China

 
Negara kuat di Asia ini selalu bersaing dengan Amerika Serikat. Malahan kabar terakhir mereka terlibat perang dagang.

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia, Cina memiliki 338 orang terkaya di dunia. Dari sekian banyak orang paling tajir tersebut, salah satunya terselip nama Jack Ma yang baru-baru ini mundur dari Alibaba.

Total kekayaan orang-orang paling tajir di Cina kalau digabung mencapai US$ 1,1 triliun atau Rp 16.414 triliun.

3. Jerman

 
Menyebrang ke Eropa, ada Jerman sebagai negara yang menghasilkan banyak orang terkaya. Diperkirakan negara berpengaruh di Uni Eropa ini memiliki jumlah orang tajir sekitar 152.

Menjadi negara produsen otomotif, suku cadang, komoditas, perawatan, hingga makanan adalah faktor yang memicu tumbuhnya orang-orang berharta triliunan rupiah di negara ini. Salah satunya adalah Keluarga Quandt, pemilik saham terbesar mobil BMW.

Seluruh kekayaan orang-orang paling tajir di sana kalau digabung mencapai US$ 466 miliar atau Rp 6.953 triliun.

4. India

 
Negara Asia lainnya yang menjadi pesaing Cina adalah India. Negara yang belakangan merdeka dari Indonesia ini memiliki orang terkaya dengan jumlah sekitar 104 orang.

Hebatnya lagi salah satu orang paling tajir di sana memiliki harta lebih banyak dari Jack Ma, yaitu pengusaha migas Mukesh Ambani. Kalau dibanding-bandingkan, kekayaan yang dimiliki Mukesh sekitar US$ 49,3 miliar atau Rp 735 triliun. Sementara kekayaan Jack Ma sekitar US$ 36,9 miliar.

Kalau dijumlahkan keseluruhan, total kekayaan orang-orang paling tajir di India mencapai US$ 299 miliar atau Rp 4.460 triliun.

5. Swiss

 
Negara Eropa berikutnya yang menghasilkan banyak orang terkaya adalah Swiss. Negara ini tercatat memiliki orang tajir dengan jumlah mencapai 99 orang.

Beberapa orang super kaya di negara safe haven ini memiliki kekayaan mulai dari puluhan hingga ratusan triliun. Salah satunya adalah Ernesto Bertarelli dan keluarga yang punya kekayaan hingga Rp 174 triliun.

Total kekayaan yang dimiliki seluruh orang terkaya di Swiss mencapai US$ 265 miliar atau Rp 3.954 triliun.

Itu tadi lima negara dengan jumlah orang terkaya terbanyak di dunia. Di balik banyaknya orang super kaya di negara tersebut, kita menemukan fakta bahwa negara-negara yang disebut barusan merupakan negara-negara maju.

Bisa disimpulkan kalau majunya suatu negara berbanding lurus dengan banyak orang kaya. Semoga informasi barusan bermanfaat ya buat kalian semua!