Albert Einstein Hingga Steve Jobs, 7 Orang Jenius Ini Ternyata Mengidap Autisme!


Siapa sih yang gak kenal dengan para tokoh inspiratif seperti Albert Einstein hingga Steve Jobs yang berhasil menorehkan prestasi di dunia. Tapi tahukah kamu kalau mereka ternyata penyandang autisme lho.

Ide brilian dan kerja kerasnya ternyata mampu menghasilkan karya luar biasa yang membuat namanya terkenal hingga penjuru dunia. Ya, memang gak bisa dipungkiri kalau masih ada saja orang yang beranggapan kalau orang-orang penyandang autis akan sulit mencapai kesuksesan.

Meski sering dipandang sebelah mata, ternyata banyak sekali para penyandang autis yang sukses di dunia. Mulai dari pemimpin perusahaan raksasa hingga menjadi ilmuwan hebat yang sangat terkenal, bahkan ilmunya terus digunakan orang hingga saat ini.

Pengin tahu siapa saja tokoh inspiratif penyandang autis yang berhasil mencapai kesuksesan? Berikut tujuh di antaranya:

1. Tokoh inspiratif pertama, Thomas Jefferson – Presiden Ketiga Amerika Serikat
Presiden Ketiga Amerika Serikat, Thomas Jefferson dikenal sebagai sosok yang sangat cerdas. Ia bahkan mampu menjadi seorang filsuf politik yang mendukung paham kebebasan liberal hingga dipercaya untuk memimpin Amerika Serikat.

Tapi tahukah kamu kalau tokoh inspiratif yang satu ini sangat peka terhadap suara-suara dan tidak nyaman saat berbicara di depan publik. Hal tersebut menjadi salah satu ciri seseorang mengalami gangguan spektrum autism.

2. John Elder Robison – pebisnis dan penulis
Buku berjudul “Look Me in the Eye” yang bercerita tentang kehidupan seorang sindrom autis sangat laris di tahun 2007. Buku tersebut merupakan karya John Elder Robison yaitu seorang penyandang sindrom asperger.

Tak hanya sukses sebagai penulis buku, Robison juga memiliki bakat di bidang mekanika dan elektronika. Gak cuma itu aja lho, John Elder Robison ternyata juga memiliki bisnis mengumpulkan dan memperbaiki mobil antik Eropa.

3. Isaac Newton – ilmuwan
Isaac Newton dikenal sebagai ilmuwan hebat yang berhasil menemukan teori gravitasi yang memang memiliki banyak andil dalam perkembangan teori fisika. Memiliki kecerdasan yang sangat mengagumkan, ternyata Newton merupakan penyandang autis dengan sindrom asperger. Gak heran kalau ia lebih suka menyendiri dan bahkan sulit bersosialisasi dengan orang sekitar.

4. Tim Page – penulis dan kritikus ternama
Sama dengan Isaac Newton, Tim Page yaitu seorang penulis dan kritikus ternama ternyata juga mengidap autis sindrom asperger lho. Namun hal itu tak menjadi halangan buat Page untuk meraih kesuksesan. Tak hanya mampu menjadi kritikus terkenal, Page juga sempat meluncurkan sebuah buku berjudul “Parallel Play”. Bahkan, ia juga memenangkan Pulitzer Prize sebagai kritikus musik untuk Washington Post.

Lewat berbagai prestasi yang ia torehkan, terbukti kalau Page sempat masuk ke dalam jajaran 25 orang paling berpengaruh di dunia.

5. Albert Einstein – ilmuwan
Siapa sih yang gak kenal dengan ilmuwan hebat yang sangat jenius yakni Albert Einstein. Ia bahkan dikenal sebagai bapak ilmu pengetahuan lewat berbagai teori yang ia temukan. Seperti mekanika fisika, mekanika kuantum, kosmologi dan statistika.

Tapi tahukah kamu kalau Einstein ternyata salah satu tokoh penyandang autis. Namun, meski ia sering gagap saat menjelaskan teori yang ia temukan, hal itu tak membuatnya menyerah. Ia bahkan dikenal sebagai ilmuwan hebat yang sangat jenius.

6. Bill Gates – pendiri Microsoft
Orang terkaya nomor dua di dunia versi Forbes yakni Bill Gates dengan total kekayaan mencapai US$ 113,2 miliar atau sekitar Rp 1.551 triliun ini juga dikenal mengalami spektrum autis.

Beberapa pakar autis menyatakan hal tersebut dengan melihat gelagat pemilik Microsoft itu yang berbicara singkat dan monoton dan selalu menghindari kontak mata saat berbicara.

7. Steve Jobs – pendiri Apple
Steve Jobs memang dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di bidang teknologi. Lewat kecerdasannya yang sangat luar biasa, Jobs berhasil menciptakan perangkat hebat yaitu iPhone dan juga Mac.

Meski begitu, Jobs dikenal sebagai sosok yang sulit berinteraksi secara sosial. Hal itu menjadi salah satu ciri-ciri seseorang yang memiliki spektrum autis. Itu dia tujuh tokoh inspiratif yang ternyata penyandang autis tapi berhasil menorehkan prestasi hebat di dunia. Salut banget!