Kesalahan Pabrik, Enam Model Mobil Toyota Berpotensi Terbakar


Toyota Motor Corporation (TMC) melakukan penarikan kembali alias recall terhadap enam mobil yang diproduksinya. Langkah ini terpaksa dilakukan lantaran ditemukannya potensi kerusakan pada blok mesin akibat kesalahan pabrik.

Mengutip dari Gaadiwaadi, Kamis (27/2/2020), keenam mobil tersebut adalah Camry, Camry Hybrid, RAV4, RAV4 Hybrid, Avalon Hybrid, dan Lexus ES 300h.

Keenamnya merupakan mobil yang diproduksi antara September 2019 dan Januari 2020. Kesamaan antara mobil itu adalah bermesin inline 4-silinder berkapasitas 2.500 cc.


Jika potensi kerusakan ini dibiarkan, maka dapat berimbas pada oli atau pendingin sehingga mesin pun overheat. Parahnya, mobil juga bisa terbakar.

Sementara itu, tanda kerusakan dapat dilihat melalui lampu indikator peringatan. Bahkan, di beberapa kasus dapat menimbulkan suara mesin yang kasar dan mengeluarkan asap.

Hingga saat ini, ada 44.191 unit kendaraan yang terkena recall. Namun dari angka tersebut hanya 250 unit yang ditemukan potensi kerusakan. Tetapi pihak Toyota memilih untuk mencegahnya sebelum terjadi.