Samsung Galaxy Z Flip Vs Motorola Razr, Siapa Menang?

Industri seluler tengah menggandrungi tren baru, yakni ponsel layar lipat atau foldable phone. Isu terkini adalah rencana kehadiran Samsung Galaxy Z Flip dan Razr 2019 yang dibesut oleh Motorola. Pertanyaannya, handphone mana yang akan memenangi hati konsumen di kelas premium ini?

Motorola telah mengenalkan Razr pada akhir 2019 lalu dengan penjualan tertunda dan bisa meluncur kapan saja di awal tahun ini. Sementara Galaxy Z Flip baru akan diresmikan pada 11 Februari mendatang. 


Samsung Galaxy Z Flip Vs Motorola Razr, Siapa Menang?

Laman Phone Arena menyebutkan, Galaxy Z Flip dan Motorola Razr merupakan ponsel lipat dari jenis clamshell. Ini berarti keduanya membuka layar ke panel vertikal, sama seperti ponsel flip lama ketika booming. Mereka sedang bersiap untuk portabilitas, dengan Razr yang dapat dikantongi saat dilipat dan Galaxy Z Flip tercatat bukan sebagai handset berlayar besar layaknya Galaxy Fold.

Galaxy Z Flip dikabarkan menggunakan layar 6,7 inci di bagian dalam dan layar eksternal 1 inci yang sangat kecil. Hal itu menunjukkan setelah Anda melipat ponsel, maka perangkat hanya sebesar 3 inci.

Bagaimana dengan jagoan Motorola? Razr menampilkan layar utama 6,2 inci dan panel eksternal 2,7 inci yang sangat berguna untuk interaksi singkat dengan ponsel. Seperti memeriksa apakah Anda memiliki notifikasi tertunda atau menangkap selfie cepat.


Samsung Galaxy Z Flip Vs Motorola Razr, Siapa Menang?

Hal yang sama mungkin berlaku untuk Z Flip, meskipun dalam skala yang lebih kecil dan kemungkinan sama bermanfaatnya dengan AOD Samsung.

Tentu saja, kedua layar tersebut memiliki variasi OLED. Untuk layarnya, display Motorola Razr memiliki penutup plastik dan Galaxy Z Flip mungkin menggunakan kaca yang dapat ditekuk sebagai penutup display. Penutup UTG (kaca ultrathin) dapat masuk setipis 30-mikrometer, yang sangat tipis, menggantikan penutup pelindung layar polimida yang digunakan pada Galaxy Fold. Rupanya, kaca yang sangat tipis tidak sekaku kaca biasa, jadi solusi untuk industri telepon lipat.


Samsung Galaxy Z Flip Vs Motorola Razr, Siapa Menang?

Sementara itu, Motorola Razr masih mengandalkan layar yang tertutup plastik, tetapi berkat engsel cerdik yang memungkinkan layar untuk benar-benar menarik di dalam handset ketika dilipat. Hal ini membuat lipatan layar hampir tidak ada, atau setidaknya jauh kurang terlihat dibandingkan dengan perangkat lipat lainnya, terutama Galaxy Fold. Tampaknya tidak ada mekanisme seperti itu di Galaxy Z Flip, yang berarti bahwa handphone mungkin akan memiliki lipatan yang lebih jelas.

Perbandingan Ukuran
Sulit untuk menyimpan rahasia pada perangkat baru akhir-akhir ini. Ini juga berlaku untuk Samsung karena dimensi Galaxy Z Flip yang sebenarnya ikutan bocor. 


Samsung Galaxy Z Flip Vs Motorola Razr, Siapa Menang?

Di sisi lain, kamera utama Moto Razr berfungsi ganda sebagai selfie shooter ketika perangkat dilipat. Lalu Galaxy Z Flip dilengkapi kamera 10 MP yang menghadap ke depan, diposisikan dalam lubang punch.

Harga, Tanggal Rilis, dan Harapan

Motorola Razr memiliki label harga USD1.500. Harga yang tergolong tinggi untuk industri smartphone saat ini.

Hal yang sama berlaku untuk Galaxy Z Flip juga, meskipun yang pertama kali dikabarkan memulai debut dengan harga lebih rendah, yakni USD850. Tetapi belakangan disebut menelan biaya produksi sedikit di bawah USD1.400.

Banderolnya hampir mirip dengan harga Moto Razr, sehingga perangkat Samsung itu harus bertarung langsung dengannya untuk menikmati popularitas yang lebih besar di antara konsumen. Moto Razr bisa dirilis kapan saja sekarang ini, sementara rumor mematok tanggal rilis Galaxy Z Flip sekitar akhir Maret/awal April.