Samsung: Kami Bisa Buat Ponsel dengan Layar Lebih dari 1 Lipatan


Samsung baru saja mempublikasikan handphone layar lipat generasi keduanya, Galaxy Z Flip. Ini pencapaian yang mengesankan, mengingat pemain lain di segmen foldable phone hingga sekarang hanya memiliki satu smartphone.

Sudah jelas perusahaan Korea Selatan itu melakukan yang terbaik guna menjadi pemimpin dalam kategori ponsel layar lipat. Tak lama setelah rilis Z Flip, Roh Tae-moon, CEO Divisi Smartphone Samsung, mengatakan, teknologi yang sama siap untuk merilis ponsel layar lipat dengan lebih dari satu lipatan.

Saat ini, semua smartphone yang tersedia dirancang dalam satu lipatan. Nah teknologi Samsung memungkinkan pabrikan untuk memproduksi handset dengan banyak pivot dan layar yang terlipat di kedua arah. Ini mungkin ada hubungannya dengan teknologi UTG (Ultra-Thin Glass) baru yang diperkenalkan bersama Galaxy Z Flip. Namun, Roh tidak menyebutkan apa-apa tentang hal itu.


Laman Giz China melaporkan, menurut Roh, tantangan sebenarnya dengan faktor bentuk terlipat yang tidak biasa adalah ekosistem, layanan, dan aplikasi untuk perangkat tersebut. Saat ini tidak banyak tersedia, bahkan tidak ada sama sekali.Pada akhirnya, keluh dia, pelanggan akan menerima smartphone yang dapat dilipat tanpa aplikasi atau layanan yang dioptimalkan untuk faktor bentuk dan Samsung tidak ingin melakukan hal itu. Perusahaan ingin ekosistem siap sebelum peluncuran perangkat semacam itu.


Roh berbagi fakta menarik tentang Galaxy Fold dan Z Flip. Yang pertama membutuhkan waktu sekitar tujuh tahun untuk berkembang dan yang terakhir bisa selesai hanya dalam waktu tiga tahun. Suksesor DJ Koh itu menyatakan, pengembangan ponsel layar lipat akan terus menyusut seiring proses yang matang dan semakin ramping.