Sebelum Virus Corona, Wabah Justinian di China Pernah Tewaskan 10 Ribu Orang per Hari


Virus mengerikan Corona yang mendera Wuhan bukan lah pertama terjadi di China, tercatat dalam sejarah banyak Pandemik paling mematikan dalam sejarah yang hampir memusnahkan umat manusia.Lusinan penyakit mematikan, dengan jumlah kematian mencapai jutaan, telah menghancurkan dunia dari flu babi, hingga kematian hitam. Wabah Virus Corona yang telah menewaskan ratusan orang dengan setidaknya 10.000 orang diperkirakan terinfeksi.
 
Sebelum Virus Corona, Wabah Justinian di China Pernah Tewaskan 10 Ribu Orang per Hari

Virus Corona yang menimpa Wuhan saat ini membuat Para ilmuan menilik kebelakang tentang waba Justinian yang awalnya berasal dari China, wabah Justinian atau pes pertama kali mencapai Eropa sekitar tahun 540 Masehi.

Penyakit ini menteror seluruh benua selama hampir 200 tahun dan diperkirakan telah menyebabkan populasi Eropa turun sekitar 50% dari waktu ke waktu.


Sebelum Virus Corona, Wabah Justinian di China Pernah Tewaskan 10 Ribu Orang per Hari

Penulis sejarah Yunani Procopius menulis bahwa pada puncaknya wabah itu menewaskan 10.000 orang per hari di Konstantinopel.

" Tidak ada ruang untuk menguburkan yang mati, mayat-mayat ditumpuk di jalanan. Penduduk kota takut mengubur kerabat mereka, dan seluruh kota "berbau seperti kematian." tuturnya seperti dilansir dari Dailystar, Kamis (30/1/2020).

Pandemi ini dinamai setelah Justinianus I, saat zaman kekaisaran Roma pada saat wabah awal. Justinianus sendiri terjangkit penyakit ini, tetapi selamat.

Jumlah sebenarnya dari mereka yang terbunuh oleh Wabah Justinian mungkin tidak akan pernah diketahui diyakini oleh para sejarawan sebagai salah satu pandemi paling mematikan yang pernah ada.

Antara 25 dan 50 juta orang tewas selama dua abad wabah teror, jumlah kematian yang setara