Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia: Berapa Nilai Kekayaan Lionel Messi?


Bintang Barcelona Lionel Messi dianggap sebagai pemain sepak bola terbesar tidak hanya di zamannya tetapi mungkin pemain terbaik yang pernah ada. Kepiawaiannya mengolah bola telah mengantarkannya sebagai atlet dengan pemasukan terbesar sejagat. Berapa kekayaan pemain berjulukan La Pulga itu?

Kekayaan bersih Messi adalah sekitar USD400 juta atau sekitar Rp6,3 triliun. Dia menempati peringkat pertama dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi di dunia versi Forbes pada tahun 2019. La Pulga mengantongi USD92 juta (Rp1,4 triliun) sebagai penghasilan selama tahun itu dan USD35 juta (Rp559 miliar) lainnya dari endorsement.

Karena kepribadian yang menarik, merek-merek dagang tertarik kepadanya. Dia jarang menjadi berita utama di luar lapangan sepak bola. Messi adalah pria keluarga yang berdedikasi yang melakukan bisnis serius dengan bola di kakinya. Di antara merek-merek yang berkolaborasi dengannya adalah Adidas, Gatorade, Huawei, MasterCard, Pepsi, Gillette, dan Turkish Airlines.


Messi juga memiliki banyak pengikut di media sosial. Instagram-nya memiliki 145 juta pengikut sementara akun Facebook-nya memiliki lebih dari 92 juta like, yang menjadikannya duta merek yang ideal.

Bintang Barcelona itu merupakan male personality terpopuler ketiga di Instagram, di belakang Dwayne Johnson dan saingannya Cristiano Ronaldo. Maestro sepak bola berusia 31 tahun itu memiliki yayasan sendiri, Leo Messi Foundation.

Bintang Argentina itu memainkan hampir seluruh kariernya di Barcelona. Dia telah mencetak gol 620 kali pada 2019 dan memimpin klubnya memenangkan semua trofi klub utama yang bisa dimenangkan, seperti Liga Champions, La Liga, dan Copa Del Rey.

Para kritikus mengatakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barcelona itu hanya bermain bagus untuk klubnya, tetapi selalu gagal ketika harus mewakili negaranya, Argentina. Messi mungkin telah melakukan perjalanan yang sulit dengan tim nasional, bahkan mendorongnya untuk memikirkan pilihan pensiun saat itu. Tapi, tidak ada yang bisa mengatakan dia tidak memberikan 100 persen di lapangan.

Messi menikah dengan kekasih masa kecilnya, Antonella Roccuzzo. Pasangan ini memiliki tiga anak: Thiago, Ciro, dan Mateo. Messi kerap menyumbang untuk amal yang membantu anak-anak dan perawatan kesehatan, dan dia telah menjadi duta besar untuk UNICEF sejak 2004.

Karena krisis akibat pandemi virus corona yang sedang berlangsung, Messi memutuskan menyumbangkan 1 juta euro (Rp17 miliar) ke Klinik Rumah Sakit di Barcelona dan sebuah pusat medis di Rosario, Argentina. Spanyol termasuk di antara negara yang cukup parah terkena wabah virus corona, dengan lebih dari 3.000 kematian dan terus bertambah.

Atlet di seluruh dunia -tak hanya pemain sepak bola- sudah mulai menyumbang untuk membantu rumah sakit dan garis depan medis melawan covid-19. Semua acara olahraga telah dibatalkan dan tidak ada jaminan kapan semuanya akan dilanjutkan.