Begini Cara Mudah Pasang Google Play Store di Ponsel Huawei Baru


Handphone seri terbaru dari Huawei pascalarangan Presiden AS, Trump, sampai sekarang tak lagi memiliki Google Mobile Services (GMS). Bagi pengguna di China memang bukan persoalan, tapi untuk konsumen global ini masalah besar.

Karena itu, meski tidak disarankan Huawei, banyak pemilik handset baru pabrikan China itu yang mencari cara untuk bisa meng-instal atau memasang Layanan Seluler Google. Amazing, pekan lalu ditemukan cara menginstal perangkat lunak Google Play pada ponsel Huawei dengan cara mudah. Bahkan metodenya kemungkinan juga berlaku bagi handphone Honor.

Dilansir dari laman GSM Arena, Anda memerlukan aplikasi Chat Partner (Mitra Obrolan) dengan unduhan 147 MB. Ingat, ini adalah metode tidak resmi yang tak disarankan pabrikan.


Setelah menjalankan aplikasi, Anda diminta mengetuk Deteksi Perangkat (Detect Device) lalu Perbaiki Sekarang (Repair Now), dan akhirnya -setelah jendela Administrator Perangkat muncul- Aktifkan.

Mulai ulang ponsel dan Anda akan memiliki Google Play Store siap digunakan dan memang berfungsi. Masuk ke akun Google Anda dan lanjutkan -Anda dapat menghapus aplikasi Mitra Obrolan. Jika Anda mendapatkan kesalahan "Perangkat tidak Play Protect bersertifikat", coba prosedur ini.

GSM Arena mencoba ini pada Huawei P40 Lite dan itu bekerja dengan baik. Namun ketika mengujinya pada Huawei Mate 30 Pro, mereka dihadapkan dengan kesalahan "tidak bersertifikat" dan metode di atas tidak membantu.

Hanya perangkat kami adalah unit peninjau awal, sehingga perangkat keras ritel mungkin berperilaku berbeda -ada laporan yang berfungsi pada Mate 30 Pro serta Huawei Y7p.

Sekali lagi, ini adalah cara tidak resmi untuk menginstal layanan Google Play di ponsel Huawei Anda. Jadi tidak ada jaminan berapa lama metode ini akan terus bekerja.