BREAKING NEWS: Liga Inggris Resmi DiLanjutkan, Liverpool Bersiap Rayakan Juara


Pertemuan darurat digelar Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), EFL (Premier League), Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional (PFA) dan LMA untuk membahas mengenai kelanjutan kompetisi yang terhenti lantaran pandemi virus corona. Dikutip dari laman resmi Premier League, Kamis (19/3/2020), musim ini akan berakhir selambat-lambatnya 1 Juni.

"Kami bersatu dalam komitmen kami untuk menemukan cara melanjutkan kembali musim sepak bola 2019/20 dan memastikan semua pertandingan liga dan piala klub domestik dan Eropa dimainkan segera setelah aman dan memungkinkan untuk melakukannya. Peraturan dan regulasi FA menyatakan bahwa musim akan berakhir selambat-lambatnya 1 Juni dan setiap kompetisi berada dalam batas yang ditentukan oleh FA. Menentukan panjang musim bermainnya sendiri," demikian pernyataan resmi EFL.

"Dewan FA telah menyetujui batas ini diperpanjang tanpa batas waktu untuk musim 2019/2020 sehubungan dengan sepak bola profesional. Selain itu, kami secara kolektif sepakat bahwa permainan profesional di Inggris akan ditunda lebih lanjut paling lambat 30 April."

Untuk saat ini EFL masih melihat perkembangan terkait pandemi virus corona yang menghantam Inggris dan negara-negara di seluruh dunia. Meskipun masih belum ada kejelasan kapan masalah ini bisa diatasi, namun EFL dapat menyakinkan semua orang kesehatan dan kesejahteraan pemain, staf, dan pendukung merupakan prioritas utama.

"Kami akan terus mengikuti saran Pemerintah dan bekerja secara kolaboratif untuk menjaga agar situasi tetap ditinjau dan mengeksplorasi semua opsi yang tersedia untuk menemukan cara untuk melanjutkan musim ketika kondisi memungkinkan. Kami semua ingin menekankan kembali bahwa pemikiran kami ada pada semua orang yang terkena dampak COVID-19."

Dengan konfirmasi resmi yang diberikan EFL, maka peluang Liverpool untuk mengakhiri dahaga gelar juara Liga Inggris selama 30 tahun bisa terwujud musim ini. Saat ini, Liverpool berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 82 poin atau unggul 25 angka dari pesaing terdekatnya Manchester City.

Menurut hitung-hitungan, klub berjuluk The Reds bakal berada di panggung juara dengan merebut dua kemenangan lagi. Perayaan gelar bisa dilakukan Liverpool saat Si Merah menjamu Crystal Palace di Stadion Anfield. Namun begitu, tidak ada kejelasan apakah pertandingan digelar secara tertutup atau tidak.