Daftar 20 Pesepak Bola Muda Termahal di Dunia


Meski kompetisi sepak bola sedang vakum akibat pandemi corona, beberapa pemain tetap mencuri perhatian. Sebuah lembaga riset menghitung usia pemain dan durasi kontrak ketika membuat daftar pesepak bola muda termahal.

Lembaga tersebut dikenal dengan CIES Football Observatory. Dikutip Daily Mail, Rabu (25/3/2020), studi ini mengacu pada beberapa variabel lain di luar yang sudah disebutkan di atas. Salah satu variabel yang digunakan adalah caps alias jumlah penampilan di level tim nasional.

Penelitian ini menjadi kabar bagus untuk klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Pasalnya, dua pemain mereka bertengger di puncak daftar sebagai pemain muda nomor 1 dan nomor 2 termahal di dunia.


Pemain muda termahal dunia versi CIES adalah Jadon Sancho dengan nilai mencapai 184 juta pound atau setara Rp3,5 triliun. Sementara di posisi kedua ada nama Erling Haland dengan nilai transfer diyakini mencapai 94 juta pound atau setara Rp1,8 triliun.

Lembaga riset tersebut mengklaim telah mengamati 1.000 transfer sejak 2012 hingga Januari 2020. Namun, penelusuran cuma meliputi lima liga top Eropa yakni Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, dan Italia.