Ini Kedigdayaan Huawei Seri P40 yang Ditunggu Konsumen

Huawei Consumer Business Group (BG) tadi malam secara resmi mengumumkan kemunculan smartphone flagship Seri P terbarunya, yaitu Huawei P40 Pro+ (Plus), P40 Pro, dan Huawei P40.Diluncurkan secara online, ponsel didesain mutakhir dengan terobosan inovasi pada kamera yang secara radikal memperluas berbagai kemungkinan fotografi, serta kemampuan pengambilan video dari perangkat seluler.
Seri Huawei P40 meneruskan warisan keunggulan pengambilan gambar yang telah lekat untuk seri smartphone ini. Sensor besar dengan ukuran 1/1.28 inci memiliki sekumpulan pengukuran pixel 2.44 nm untuk memaksimalkan peningkatkan masuknya cahaya rendah (low-light intake).

Kemudian desain periskop baru yang dimiliki oleh seri P40 ini memungkinan pengambilan gambar 10x true optical zoom. Seri P40 ini juga semakin diperkuat oleh Kirin 990 5G dan mendukung 5G kecepatan tinggi, serta WiFi 6 Plus. 


Ini Kedigdayaan Huawei Seri P40 yang Ditunggu Konsumen

Perangkat keras yang canggih pun disematkan dalam bodi perangkat yang memukau dan semakin compact dengan layar Quad-curve Overflow. Fiturnya diyakini memberi kemudahan dan tingkat responsivitas luar biasa.

Huawei Seri P selalu mengedepankan estetika inovatif dan membuat perangkat pengambilan gambar premium agar dapat diakses dengan mudah. Hal ini merepresentasikan kualitas terbaik dari desain dan teknologi di industri smartphone.

"Dengan sensor luar biasa, sistem kamera yang kami rancang Bersama Leica, chipset dengan performa tinggi, dan Huawei XD Fusion Engine, Seri P40 menjadi wujud nyata fokus kami dan membawa pengalaman Super Definition sepanjang hari untuk membantu pengguna kami dalam merealisasikan visi kreatifnya,” ungkap Richard Yu, CEO Huawei Consumer BG saat mengenalkanya secara online, Kamis malam (27/3/2020).

Desain yang Belum Pernah Ada
Huawei P40 Pro dan P40 Pro Plus dilengkapi layar Quad-curve Overflow. Terinspirasi dari seni gerak, layar ini memiliki sudut melengkung di empat sisinya sehingga menciptakan bentuk yang menyerupai permukaan air pada gelas yang penuh.

Sedangkan bezel yang sangat tipis serta sudut-sudut melengkung yang efisien, memastikan genggaman lebih ergonomic dan tampilan nyaris tanpa pembatas. Desain ini mampu pembaca sidik cari in-screen yang semakin ditingkatkan menjadikan autentikasi biometric 30% lebih cepat.

Richard Yu menjelaskan, P40 Pro dan P40 hadir dalam tiga jenis warna dengan lapisan kaca mengkilap, yaitu Ice White, Deep Blue Sea, dan Black, serta dua warna inovatif dengan lapisan kaca matte. Masing-masing Blush Gold dan Silver Frost, yang akan semakin memperkuat kesan klasik serta elegan dari berbagai sisi.

Sementara itu P40 Pro Plus memiliki tampilan yang menawan dengan panel keramik nano-tech hitam yang dibakar. Serta dipoles untuk memastikan ketahanannya untuk jangka waktu panjang dan gaya yang tidak lekang oleh waktu.

Fotografi Super-Definition

Seri ini pun memiliki sistem kamera Ultra Vision Leica yang canggih, serta tersedia dalam konfigurasi triple-camera, quad-camera, dan penta-camera. Huawei P40 memberi hasil fotografi terbaik dengan ultra wide-ange, wide-angle, dan lensa telephoto.

Sedangkan P40 Pro memiliki evolusi fitur Leica Quad Camera dengan Ultra Wide Cine Camera dan ToF Camera, serta 50x SuperSensing Zoom. Lalu, P40 Pro Plus menghadirkan SuperZoom Array yang belum pernah hadir sebelumnya. Ini mendukung 10x true optical zoom dan 100x maximum digital zoom bagi konsumen.


Ini Kedigdayaan Huawei Seri P40 yang Ditunggu Konsumen

Huawei Ultra Vision Sensor yang terdapat dalam Seri P40 merupakan sensor CMOS terbesar dari Huawei sampai saat ini. Dengan ukuran 1/1.28 inci secara diagonal, sensor mendukung pengumpulan pixel untuk mencapai ukuran pixel 2.44 nm dan Full Pixel Octa PD AutoFocus agar fokus dengan kecepatan tinggi di waktu kapan pun.

Lalu Huawei XD Fusion Engine mengintegrasi dan memproses data dari berbagai kamera. Fungsinya menghasilkan peningkatan kualitas komprehensif pada gambar.

Perangkat P40 Pro mendekatkan objek jarak jauh dengan 5x optical zoom, 10x optical hybrid zoom, dan 50x maximum digital zoom. Untuk pertama kalinya, 5x Optical Telephoto Camera di Huawei P40 Pro mencakup susunan filter untuk warna RYBB agar semakin meningkatkan pemasukan cahaya dan meningkatkan kualitas dari pengambilan zoom.

P40 Pro memiliki 100x SuperZoom Array dengan desain periskop baru yang mencerminkan cahaya 5 kali, memperpanjang jalur cahaya sampai 178% untuk mendukung 10x true optical zoom. Ultra Vision Wide Camera yang secara optikal sudah distabilkan dan SuperZoom Array bekerja bersama-sama teknologi Artifical Intelligence (AI) demi mewujudkan Triple OIS+AIS. Hasilnya, foto yang jauh lebih baik dan video stabil.

Warna kulit serta tekstur pun direproduksi kembali melalui sensor Multi-spectrum Colour Temperature baru dan algoritma AI AWB yang meningkat akurasi warna sampai 45%. Algoritma deep learning menghadirkan optimisasi potret real-time yang meningkatkan pencahayaan secara lebih detail.

Huawei P40 Pro dan P40 Pro Plus memiliki AF Camera 32 MP dan IR Depth Camera yang mendukung produksi autofocus, serta bokeh untuk memberikan efek pengambilan gambar berkualitas tinggi khas Huawei. Disertai IR Face Unlock yang memungkinkan pembukaan kunci perangkat dalam kondisi rendah cahaya.

Seri P40 juga memperkenalkan Huawei Golden Snap di mana termasuk didalamnya adalah AI Best Moment, sebuah fitur fotografi pintar baru yang mampu membantu pengguna memilih foto terbaik meski dalam pergerakan cepat. AI Remove Passerby dan AI Remove Reflection dapat menghilangkan objek tidak diinginkan dalam foto, sehingga pengguna dapat dengan mudah meningkatkan kualitas foto.

Video Saku
Ultra Wide Cine Camera 40 MP pada P40 Pro dan P40 Pro Plus memiliki focal length setara 18mm dan sensor 1/1.54 inci yang mendukung rasio 3:2. Teknologi SedecimPixel Fusion yang dirancang dalam kamera ini untuk mendukung 16-in-1 pengumpulan pixel, menghasilkan pixel super yang berukuran 4.48 nm untuk meningkatkan sensitivitas cahaya sampai ISO51200 dan memungkinkan pengambilan video 7680fps Ultra Slow-Motion.

Seri P40 juga mendukung efek bokeh real-time untuk video. Serupa dengan hasil dari lensa bukaan wide, fitur ini menambah bokeh yang progresif untuk membantu menyorot subjek dari video.

Kamera telephoto dapat mengambil rekaman zoom berkualitas tinggi dan juga 4K time-lapse video. Directional Audio Zoom yang ada dalam P40 Pro dan P40 Pro Plus membuat pengguna dapat melakukan zoom pada sumber suara dan memperkuatnya pada saat bersamaan.

Koneksi 5G
Huawei Seri P40 didukung oleh Kirin 990 5G untuk menghadirkan integrasi konektivitas 5G dengan dukungan koneksi 5G paling komprehensif, performa AI yang kuat, dan efisiensi daya.

Responsivitas layar dan pengalaman gaming pun dibawa ke level selanjutnya dengan mesin rendering grafis yang ditingkatkan dan memanfaatkan sepenuhnya panel 90Hz dari P40 Pro dan P40 Pro Plus.

Teknologi 160MHz WiFi 6 Plus yang dimiliki menghadirkan konektivitas berkecepatan tinggi yang mendukung 2.400Mbps kecepatan transmisi yang secara teoritis merupakan paling tinggi dibandingkan smartphone di kelasnya.

Teknologi 40W Wireless HUawei SuperCharge yang terdepan di industri ikut dihadirkan di P40 Pro Plus untuk pengisian daya cepat dan mudah. Chipset Kirin 550 5G juga dilengkapi dengan thermal headroom untuk memberikan performa bersama sistem pendinginan canggih, termasuk 4-in-1 sistem SuperCool.

Sistem operasi EMUI 10.1 memperkenalkan berbagai fitur baru yang memberi pengalaman AI yang lebih kaya serta seamless. Hiawei MeeTime mendukung video call 1080p Full HD pada smartphone Huawei, tablet, Huawei Vision TV, dan menghasilkan kualitas gambar jernih bahkan dalam keadaan rendah cahaya atau sinyal lemah.

Pengguna dapat membagikan layarnya pada pihak lain ketika melakukan video call dan membuat catatan untuk bertukar pikiran di saat yang sama.

Huawei Share memfasilitasi transfer dokumen berkecepatan tinggi antar smartphone dan perangkat lainnya, seperti tablet dan PC. Dengan Huawei Share yang terdapat pada Seri P40, konsumen dapat mendengarkan lagu melalui speaker pintar, menginisiasi proyeksi layar, dan terhubung ke WiFi hanya dengan menyentuhkan perangkat yang diinginkan dengan smartphonenya.

Fungsi baru yang ditambahkan dalam fitur Multi-screen Collaboration membuat pengguna dapat dengan mudah menjawab panggilan suara maupun video tanpa report melalui PC. Juga bisa membuka dokumen dan hyperlinks dari smartphone dengan aplikasi di PC untuk produktivitas semakin tinggi.

Harga dan Ketersediaan
Seri P40 akan hadir di beberapa pasar terpilih. Sementara detail harganya, untuk Huawei P40 Pro Plus RAM 8 GB + ROM 512 GB dibanderol Rp25 juta. Di bawahnya, P40 Pro 8 GB + 256 GB dijual Rp18 jutda dan P40 reguler 8 GB + 128 GB dilego Rp14 jutaan.

Kabarnya perangkat bakal diluncurkan juga di Indonesia pada awal April nanti. Soal harga, Huawei Indonesia menjanjikan harga di bawah rata-rata, meskipun nilai tukar rupiah tengah tersungkur.