Inilah Rentetan Bocoran Seputar Ponsel Flagship Huawei P40 Series

Huawei P40 series yang akan datang memang tidak akan membawa Google Mobile Services (GMS), tapi handphone flagship ini tetap menjadi beberapa di antara handset yang paling dinanti pada 2020.
Tanggal pengumuman ditetapkan pada 26 Maret, tapi kita telah mendapat banyak kebocoran awal untuk dirangkum menjadi ide bagus tentang apa yang diharapkan dari smartphone tersebut.


Inilah Rentetan Bocoran Seputar Ponsel Flagship Huawei P40 Series

Mengikuti jejak Apple dan Samsung, Huawei berencana untuk merilis tiga versi P40. Masing-masing model reguler, Pro, dan versi Premium yang akan menjadi anggota tertinggi dalam jajaran produk itu.

Dari apa yang industri dengar sejauh ini, perbedaan terbesar antara ketiga handphone adalah pengaturan kamera. Kita mungkin juga akan melihat variasi dalam ukuran layar, tapi bocoran yang tersedia belum meyebutkan hal itu akan terjadi.

Ketiga handset akan menggunakan chipset HiSilicon Kirin 990 terbaru milik Huawei yang ada di Mate 30 Pro hari ini dan Mate Xs. Lembar skor Geekbench yang bocor kemarin mengonfirmasi keberadaan Kirin 990 dan RAM 8 GB pada P40. Padahal, diyakini beberapa konfigurasi akan menawarkan lebih banyak RAM.


Inilah Rentetan Bocoran Seputar Ponsel Flagship Huawei P40 Series

Spesifikasi lain seperti baterai dan info layar terperinci belum diketahui. Ada banyak render, gambar, dan rumor kamera yang kita bisa eskpos.

Bocoran gambar menunjukkan ketiganya berbagi desain bodi belakang yang sama. Sementara di bagian depan kita mungkin melihat layar melengkung pada Edisi Pro dan Premium, sedangkan layar datar diadopsi ke versi standar.

Mereka akan memiliki desain punch-hole untuk kamera selfie, tapi jumlahnya berbeda-beda, dua di Pro dan Premium, satu di unit P40 reguler. Huawei akan memberi Anda pilihan antara tiga jenis bahan -kaca, keramik, dan kulit vegan. 


Inilah Rentetan Bocoran Seputar Ponsel Flagship Huawei P40 Series

Bagaimana dengan dapur fotogafinya? Ada pengaturan penta-kamera untuk model Premium, modul quad-camera untuk P40 Pro, dan P40 dengan tiga kamera belakang.

Pengaturan kamera penta di bagian belakang P40 Pro Premium dikatakan menawarkan dua kamera zoom terpisah. Modul periskop dapat mencapai 10x optical zoom dengan panjang fokus 240mm, sedangkan modul lainnya akan berhenti pada 3x zoom.

Kamera utama juga diyakini tidak kalah mengesankan. Huawei mendapatkan sensor Sony RYYB -yang juga digunakan pada seri P30 tahun lalu. Namun kali ini, sensor akan menjadi 52 MP (1/1.28") menawarkan Binning piksel Quad Quad, artinya akan melakukan dua putaran pixel binning ketika cahaya terbatas. 


Inilah Rentetan Bocoran Seputar Ponsel Flagship Huawei P40 Series

Ini akan menghasilkan bidikan resolusi 3,25 MP tetapi juga ukuran piksel terbesar pada smartphone. Sensor 52 MP khusus Huawei juga dilaporkan lebih besar dari sensor 108-bayer Samsung 108 MP, yang berukuran 1/1.33".

Juga akan ada satu set sensor tambahan untuk membantu kamera -3D ToF untuk sensor kedalaman. Plus sensor untuk warna yang lebih akurat.

Camera ultra-lebar dikabarkan menggunakan sensor Sony IMX650 1/1.5" dengan resolusi 40 MP yang dicap sebagai kamera Cine Lens. Teknologinya telah diperkenalkan dengan Honor V30 Pro sehingga aman untuk mengasumsikan bahwa handset akan memiliki kamera asli 16:9 aspek rasio.

Sedangkan P40 Pro harus puas dengan pembesaran 5x seperti tahun lalu (panjang fokus 125mm). Handphone mengenakan kamera utama 52 MP yang sama dengan Premium dan Lensa Cine 40 MP untuk foto ultrawide.

P40 di sisi lain, diduga akan menampilkan pengaturan tiga kamera yang terdiri dari 52 MP utama, unit ultrawide yang tidak diketahui, dan kamera telefoto 3x standar.


Meskipun kita tidak tahu kapasitas baterai dari ketiga handset, solusi pengisian sebagian diungkapkan oleh sertifikasi 3C Cina. P40 akan mendukung solusi pengisian 22,5W Huawei sementara dua model lainnya disokong SuperCharge 40W.
Bicara harga, Huawei P40 series disebut datang dengan harga mulai Rp14,4 juta-16,2 juta tergantung konfigurasinya. Lalu varian Pro mulai dilepas di kisaran Rp18 juta-20 juta. Sedangkan P40 Pro Edisi Premium mulai dilego Rp21,6 juta-Rp23,4 juta.