Lukisan Van Gogh Dicuri dari Museum Belanda yang Tutup Akibat Wabah


Lukisan karya seniman Belanda Vincent van Gogh dicuri dari Singer Laren Museum yang tutup untuk umum karena wabah virus corona.

Lukisan berjudul “Lentetuin” atau “Taman Musim Semi” itu berasal dari tahun 1884 dan menggambarkan taman di Nuenen. Lukisan itu merupakan pinjaman dari Groninger Museum.

“Saya merasa sangat marah dan sekarang saya mulai merasa sedih juga,” tutur Jan Rudolph de Lorm, direktur Singer Laren Museum pada Reuters.


Dia meminta siapa pun pencuri lukisan itu agar merawat lukisan itu dengan baik. “Sehingga segera atau nanti dapat ditunjukkan ke publik tanpa kerusakan,” papar dia.

Van Gogh yang mengalami sakit mental sepanjang hidupnya itu tinggal bersama orangtuanya saat dia melukis karya tersebut. Ayah Van Gogh bekerja sebagai seorang menteri di Nuenen.

De Lorm menyebut lukisan itu menggambarkan seorang wanita di taman dengan semak bunga merah dan dengan latar belakang gereja. “Ini gambaran keheningan, refleksi dan ketenangan yang tak diragukan lagi memberinya kenyamanan dan inspirasi,” tutur De Lorm.

“Melalui dia, lukisan ini memberi kita dan audiens kita emosi yang sama,” ujar De Lorm.

Museum yang terletak di kota Laren di timur Amsterdam itu telah meminta agar lukisan itu dapat cepat dikembalikan. Interpol telah memasukkan lukisan itu dalam daftar karya seni yang dicuri.

Kepolisian menyatakan para pencuri masuk museum dengan memecah pintu kaca pada pukul 3.15 pagi. “Para pelaku sudah pergi saat polisi merespon alarm itu,” ungkap pernyataan kepolisian.

Investigator sedang memeriksa rekaman video keamanan dan para saksi, serta memeriksa bukti forensik.

Museum di Belanda itu telah tutup karena wabah virus corona sejak 12 Maret.
(sfn)