Megachile Pluto. Lebah Terbesar Di Dunia yang Berasal Dari Indonesia

Megachile Pluto adalah lebah yang sangat besar yang terdapat di Indonesia (lebah yang menggunakan resin untuk membuat kompartemen di sarangnya). betinanya dapat sebesar 39 mm (1,5 ") dengan panjang lebar sayap sebesar 63 mm (2,5"), Megachile Pluto dianggap sebagai lebah terbesar di dunia, dan disebut juga sebagai Wallace's Giant Bee. sedangkan pejantannya hanya tumbuh sekitar 23 mm (0,9 ").


Megachile Pluto pertama kali ditemukan di Indonesia pada tahun 1859 oleh naturalis Alfred Russel Wallace. Ini dianggap punah sampai ditemukan kembali pada tahun 1981 oleh Adam C. Messer, seorang entomologi Amerika, yang menemukan enam sarang di pulau Bacan dan pulau-pulau terdekat lainnya.

Megachile Pluto membangun sarang mereka di dalam sarang rayap aktif, yang menjelaskan mengapa penduduk pulau bahkan tidak mengetahui keberadaan lebah tersebut.

Lebah raksasa ini pertama kali didokumentasikan pada abad ke-19 oleh naturalis berkebangsaan Inggris, Alfred Russel Wallace. Menurut GWC lebah raksasa tersebut terakhir kali terlihat tahun 1981. Dan baru Februari 2019, Bolt menemukan satu lebah raksasa di sebuah pulau di sebelah utara Maluku.