Rusia Dilaporkan Percepat Uji Coba Rudal Hipersonik Zirkon


Rusia dilaporkan akan mempercepat peluncuran uji coba rudal hipersonik Zirkon dari kapal-kapal Angkatan Laut mereka. Dua sumber pertahanan Rusia menuturkan, peluncuran dari kapal selam akan dimulai pada tahun 2020 dan dilanjutkan secara paralel dengan peluncuran dari fregat The Admiral Gorshkov.

"Jadwal peluncuran uji coba rudal hipersonik dari kapal-kapal Angkatan Laut akan diperketat. Kapal selam Yasen akan mulai latihan menembak tahun ini, disamping serangkaian peluncuran berkelanjutan dari The Admiral Gorshkov," kata seorang sumber, yang berbicara dalam kondisi anonim.

Sumber lain, seperti dilansir Tass pada Rabu (25/3/2020), juga mengatakan hal serupa. Sumber itu, yang juga berbicara dalam kondisi anoni menuturkan uji coba pertama akan dilakukan dari kapal selam Severodvinsk.


Zirkon sendiri pertama kali diluncurkan dari dari sebuah kapal pada awal Januari tahun ini. Kapal fregat The Admiral Gorshkov meluncurkan rudal dari Laut Barents dengan target di pantai yang berjarak 500 kilometer. Fregat tersebut diharapkan akan membuat tiga sampai empat peluncuran Zirkon pada akhir tahun ini.

Komandan Armada Utara Rusia, Wakil Laksamana Alexander Moiseyev bebebrapa waktu lalu dalam sebuah wawancara dengan Krasnaya Zvezda dmengatakan bahwa kapal selam Armada Utara akan melakukan latihan menembak menggunakan rudal hipersonik Zirkon dalam waktu dekat.