10 Klub Sepak Bola dengan Pemilik Tajir Melintir


Newcastle United akan menjadi klub dengan pemilik terkaya di sepak bola jika pengambil-alihan aset senilai 300 juta pound rampung. Hal itu tentunya akan mengubah peta persaingan klub-klub tajir dunia.

Saat ini pemilik lama Newcastle, Mike Ashley, tengah menyelesaikan pengambil-alihan aset klub senilai 300 juta pound atau setara Rp5,7 triliun dengan calon pemilik baru yakni Pangeran Mohammad Bin Salman. Laporan media di Inggris menyebut putera mahkota Arab Saudi telah membayar deposit.

Pangeran Salman nantinya tidak menangani klub secara langsung. Dia ‘hanya' tercatat sebagai pemilik Newcastle United karena jabatan Direktur Utama diserahkan pada Yasir Al-Rumayyan yang merupakan kerabat dekat keluarga kerajaan Arab.


Menurut The Sun, Newcastle United akan menjadi klub dengan pemilik terkaya di Liga Inggris. The Magpies -julukan Newcastle- juga tercatat sebagai klub dengan pemilik terkaya dalam dunia sepak bola secara global, mengalahkan Manchester City yang dimiliki Sheikh Mansour.

Sebagai gambaran, kekayaan Sheikh Mansour yang terkenal super tajir itu tidak sampai sepersepuluh dari total kekayaan Pangeran Salman. Bisa dibayangkan seperti apa Newcastle United ke depan jika Pangeran Salman serius menginvestasikan uangnya di sepak bola.

Menurut laporan Goal dikutip The Sun, berikut daftar 10 pemilik klub sepak bola terkaya di dunia.