10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia

LAYANAN kesehatan menjadi salah satu fasilitas yang harus dipenuhi oleh pemerintah. Sistem layanan kesehatan berkualitas dan efisien, memberi dampak besar bagi kualitas hidup masyarakat di suatu negara. Berikut 10 negara yang memiliki sistem perawatan kesehatan publik terbaik di dunia.

1. Kanada

10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia

Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 1
Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 2

Secara teknis, Kanada adalah monarki konstitusional dengan monarki Inggris Raya sebagai kepala negara. Kanada adalah masyarakat industri berteknologi tinggi dengan standar hidup tinggi.

Sektor jasa adalah pendorong ekonomi terbesar Kanada, negara ini adalah pengekspor energi, pangan, dan mineral yang signifikan. Kanada menempati urutan ketiga di dunia dalam cadangan minyak terbukti dan merupakan produsen minyak terbesar kelima di dunia.

2. Denmark


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 2

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 13

Sejak 1849, Denmark telah beroperasi di bawah monarki konstitusional. Ratu Margrethe II adalah kepala seremonial negara saat ini dan Lars Lokke Rasmussen adalah perdana menteri.

Pemerintah Denmark dianggap sangat stabil dan sangat transparan. Melalui perpajakan progresif, Denmark menggunakan sistem perawatan kesehatan universal di mana warga negara sebagian besar menerima perawatan medis gratis.

Pendidikan tinggi juga gratis. Tidak mengherankan, struktur pemerintahan dan masyarakat Denmark yang sangat progresif menciptakan mobilitas sosial luar biasa.

3. Swedia


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 3

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 8

Swedia beroperasi di bawah model yang mirip dengan negara-negara Nordik lainnya: sangat kapitalistis dengan sebagian besar pengeluaran digunakan untuk pelayanan publik.

Perawatan kesehatan, serta pendidikan tinggi, gratis, dan orang-orangnya memiliki salah satu harapan hidup terpanjang di dunia. Hampir semua sampah Swedia didaur ulang. Swedia adalah beberapa orang yang paling dermawan di dunia, menyumbangkan sekitar 1% dari produk nasional bruto untuk program bantuan kemanusiaan setiap tahun.

4. Norwegia


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 4

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 10

Norwegia adalah negara berpenghasilan tinggi dengan sektor swasta yang dinamis dan jaring pengaman yang substansial. Penemuan minyak dan gas di lepas pantai pada 1960-an memberi negara itu dorongan ekonomi dan hari ini Norwegia adalah salah satu pengekspor minyak bumi terkemuka di dunia. Negara ini mengembangkan tradisi sastra yang kaya dan sekarang tercatat sebagai negara terdepan dalam menerbitkan buku-buku per kapita.

5. Jerman


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 5

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 4

Jerman menganut sistem ekonomi pasar sosial - kapitalisme pasar terbuka yang juga membawa jaminan layanan sosial tertentu. Ekonominya adalah salah satu yang terbesar di dunia dan Jerman adalah salah satu importir dan eksportir terkemuka dunia.

Jerman memiliki tenaga kerja yang sangat terampil dan makmur. Populasi negara ini sebagian besar dihuni lansia, sesuatu fakta yang menyebabkan tingginya tingkat pengeluaran negara untuk layanan sosial.

6. Kerajaan Inggris


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 6

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 6

Pengaruh global bangsa ini berakar pada Kerajaan Inggris yang terbentuk selama era kolonial Eropa dan memuncak pada awal abad ke-20 sebelum memulai dekolonisasi setelah Perang Dunia II. Bangsa ini memiliki sejarah panjang kontribusi besar bagi seni dan ilmu pengetahuan.

Ilmuwan Inggris menemukan gravitasi, hidrogen dan penisilin dan mengembangkan teori dalam aerodinamika dan evolusi alami. Kerajaan Inggris adalah rumah bagi beberapa universitas terbaik di dunia, termasuk Oxford, Cambridge dan Imperial College London.

7. Jepang


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 7

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 3

Negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia, Jepang sebagian besar bangkit kembali dari gangguan manufaktur yang disebabkan oleh gempa bumi dan tsunami 2011. Negara ini adalah salah satu produsen kendaraan bermotor, peralatan elektronik, dan baja terbesar di dunia. Sektor jasa merupakan persentase ekonomi tertinggi dalam hal produk domestik bruto dan lapangan kerja.

Jepang dikenal di seluruh dunia karena seni tradisionalnya, termasuk upacara minum teh, kaligrafi, dan merangkai bunga. Negara ini memiliki warisan taman, patung, dan puisi khas. Jepang adalah rumah bagi lebih dari selusin situs Warisan Dunia UNESCO

8. Australia
10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 8
Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 5

Australia dianggap sebagai negara kaya dengan ekonomi berbasis pasar yang memiliki produk domestik bruto dan pendapatan per kapita yang relatif tinggi. Ekonominya didorong oleh sektor jasa dan ekspor komoditas.

Negara ini memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dalam kegiatan olahraga dan menawarkan harapan hidup yang relatif tinggi untuk perempuan dan laki-laki.

9. Belanda


10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 9

Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 9

Dikenal karena tulipnya, negara maju yang berpenghasilan tinggi ini adalah salah satu pengekspor pertanian terkemuka dunia, sebuah industri yang sebagian besar telah dimekanisasi.

Kebijakan pasar terbuka dan lokasi transportasi utama membantu Belanda mempertahankan surplus perdagangan, tetapi ekonomi terus pulih dari program stimulus mahal yang dirancang untuk membantu kebangkitan kembali setelah krisis ekonomi 2009.

10. Swiss
10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia


Peringkat Sistem Perawatan Kesehatan Terbaik : 10
Peringkat Keseluruhan Negara Terbaik : 1

Swiss memiliki tingkat pengangguran yang rendah, tenaga kerja terampil dan salah satu produk domestik bruto tertinggi di dunia. Swiss juga terkenal karena sektor perbankannya yang rahasia.

Aturan pelaporan dan legislasi telah menghasilkan transparansi besar, tetapi aturan kerahasiaan tetap ada dan nonresiden diizinkan untuk menjalankan bisnis melalui entitas lepas pantai dan berbagai perantara.