5 Sekolah Termahal, Biayanya Bisa Membuat Anda Tercengang

SEKOLAH berkualitas dan favorit biasanya identik dengan biaya mahal meski tidak semuanya. Berikut sejumlah sekolah dengan biaya termahal di dunia.

1. Institut Le Rosey, Rolle, Swiss (USD99.566/tahun (Rp13,2 miliar)

5 Sekolah Termahal, Biayanya Bisa Membuat Anda Tercengang

Sekolah ini dikenal dengan nama Rosey. Sekolah termahal ini adalah sekolah asrama swasta bertaraf internasional yang terletak di Rolle, Swiss. Emile Carnal mendirikan sekolah paling mahal di dunia ini pada tahun 1880.

Sekolah ini juga dikenal sebagai “Sekolah Raja” karena setidaknya ada tujuh raja telah menjadi alumni dari sekolah bergengsi ini.Institut Le Rosey, Rolle memiliki satu guru untuk setiap lima siswa dengan jumlah total pendaftar yang diterima setiap tahun hanya sekitar 400 siswa.

2. College Alpin International Beau Soleil, Villars-sur-Ollon, Swiss (USD93.158/tahun (Rp1,2 miliar)

5 Sekolah Termahal, Biayanya Bisa Membuat Anda Tercengang

Sekolah ini didirikan pada 1910 di Gstaad Villa, Swiss sebelum pindah ke lokasi saat ini pada 1920. Jumlah pendaftar per tahunnya 200 siswa, dengan rata-rata jumlah siswa per kelas hanya empat siswa.

Setidaknya ada 50 kebangsaan berbeda dalam satu sekolah termahal itu sehingga membuat sekolah ini menjadi sekolah dengan gaya multi etnis. Sekolah ini melayani anak-anak keturunan Eropa dan orang-orang terkenal di dunia.

3. St. Alabans School, Washington, Amerika Serikat (AS) (USD54.151/tahun (Rp720 juta)

5 Sekolah Termahal, Biayanya Bisa Membuat Anda Tercengang

Sekolah ini terletak di Washington D.C. dan melayani siswa dari kelas 4 sampai 12. Sekolah yang masuk dalam daftar salah satu sekolah termahal di dunia ini dinamai oleh seorang martir Inggris pertama bernama Harriet Lane Johnston. Sekolah ini memiliki cabang yang mencakup National Cathedral School dan Beauvoir School, yang keduanya juga berada di Washington National Cathedral.

4. Woodside Priory School, Portola Valley, California, AS (USD53.925/tahun (Rp717 juta)

5 Sekolah Termahal, Biayanya Bisa Membuat Anda Tercengang


Sekolah ini didirikan pada 1957 oleh biarawan asal Hungaria bernama Fr. Egon Javor. Sekolah bergengsi ini melayani siswa dari kelas 6 sampai 12. Pendaftaran setiap tahunnya sekitar 370 siswa dan setiap kelasnya berisi sekitar 15 sampai 18 siswa. Sekolah Woodside Priory School, Portola Valley di California ini melayani siswa yang sebagian besar dari Bay Area.

5. Appleby College, Oakville, Ontario, Kanada (USD53.911/tahun (Rp717 juta)

5 Sekolah Termahal, Biayanya Bisa Membuat Anda Tercengang

Appleby College adalah sekolah internasional yang melayani siswa dari kelas 7 sampai kelas 12. John Guest, sang pendiri sekolah termahal ini mendirikan sekolah tersebut pada 1911 dengan bantuan dari seseorang tokoh Sir Byron Edmund Walker.

Indeks kualitas pendidikan dasar lintas negara (2017-2018)
Negara Indeks
1. Finlandia 6,7
2. Swiss 6,2
3. Singapura 6,2
4. Belanda 5,9
5. Estonia 5,8
6. Belgia 5,7

Keterangan Indeks: (1= kualitas rendah, 7 = sangat baik)