Akan Kalahkan Gevore, Hotel Tertinggi Akan Kembali Dibuka di Dubai


Dua tahun yang lalu, Gevore Hotel di Dubai setinggi 356 meter telah menjadi hotel tertinggi di dunia. Hotel tersebut telah meraih sertifikat resmi dari Guinness World Record. Namun, rekor tersebut tampaknya akan berumur pendek.

Tower dengan 75 lantai itu kemungkinan akan disalip gedung pencakar langit baru yang saat ini masih dalam tahap pembangunan di kawasan Marina. Ciel Tower akan menjulang hingga 360,4 meter dengan dilengkapi 1.042 ruangan.

Statistik itu sudah dikonfirmasi pengembang The First Group. Arsitek NORR juga menyatakan akan memaksimalkan nilai artistik dan estetik Ciel Tower yang terdiri atas 82 lantai dan menjadikannya ikon baru Dubai.


Sebuah dek observasi di dalam hotel menawarkan pemandangan 360 derajat yang membentang ke seluruh kota. Para tamu hotel juga dapat melihat aktivitas urban dari puncak hotel yang disertai kolam renang dan restoran ternama.

"Para tamu hotel akan melalui pengalaman yang mengagumkan. Mereka dapat melihat pemandangan lepas pantai dan peradaban modern seperti Pulau buatan Palm Jumeirah," ungkap The First Group, dikutip CNN. Desain hotel itu telah meraih tiga penghargaan internasional arsitektur terbaik, baik di negara Arab ataupun dunia.

Ciel Tower juga akan dilengkapi tempat spa, fasilitas bisnis, dan restoran terkemuka dan berprestasi yang akan diumumkan bulan depan. Gedung itu dibangun sejak 2016 di Dubai Marinya, berdekatan dengan Cayan Tower setinggi 306 meter dan Marina 101 setinggi 425 meter.

Ciel Tower dijadwalkan dibuka pada akhir 2022 atau awal 2023. Hotel itu akan memperpanjang daftar hotel tertinggi di Dubai yang kini sudah memiliki JW Marriott Marquis setinggi 355 meter, Rose Rayhaan 333 meter, dan Burj al Arab 321 meter.

Gelar hotel tertinggi biasanya disematkan kepada hotel yang murni digunakan untuk penginapan. Namun, hal itu telah mengalami perubahan. Saat ini, hotel tertinggi dipegang Rosewood Guangzhou setinggi 530 meter, 39 lantai di antaranya bagian dari CTF Finance Center.