Bulan Depan akan Hadir Ponsel Pertama di Dunia dengan Kamera 192 MP


Perlombaan resolusi megapiksel (MP) pada kamera smartphone sudah dimulai sejak tahun lalu. Kabarnya bulan depan bakal hadir handphone dengan kamera hampir 200 MP.

Sebelumnya, perusahaan terkemuka dalam industri smartphone seperti Samsung dan Apple telah menghentikan "perang megapiksel" sehingga komposisi sensor kamera 12 MP bertahan dalam waktu cukup lama. Sekarang perang ini berlanjut, terutama di antara para produsen China.

Untuk diketahui, segmen handphone flagship pernah menghentikan perang megapiksel dengan memilih kamera 12 atau 16 MP pada perangkat untuk waktu yang lama. Tetapi dua tahun terakhir muncul beberapa pabrikan yang mengusung resolusi 32 MP, 48 MP, dan akhirnya 64 MP sehingga menyalakan kembali "perang" tersebut.


Tahun ini Samsung dan Xiaomi menaikkan standar perang megapiksel ke titik yang sama sekali berbeda. Ponsel unggulan mereka telah beredar di pasaran dengan kamera 108 MP.

Samsung dan Xiaomi saat ini berada di garis depan kompetisi kamera resolusi tinggi. Namun, klaim baru menunjukkan ada handphone terbaru yang akan menantang kamera flagship keduanya pada bulan depan.


Bulan Depan akan Hadir Ponsel Pertama di Dunia dengan Kamera 192 MP

Melansir laman Giz China, Digital Chat Station dalam akun Weibo-nya mengungkap bakal ada smartphone berkamera 192 MP pada bulan depan (Mei 2020). Dikatakan, ponsel cerdas tersebut akan ditenagai chipset kelas menengah, Snapdragon 765.

Detail ini menunjukkan handphone dengan kamera resolusi sangat tinggi tersebut tidak akan masuk dalam barisan perangkat unggulan. Kabar baiknya, hal itu mengindikasikan ponsel dapat ditawarkan kepada peminatnya dengan label harga lebih terjangkau.

Snapdragon 765 secara teknis mendukung kamera 192 MP. Namun, sejauh ini industri belum melihat contoh kamera seperti itu. Dan sejujurnya, tidak mudah untuk memprediksi berapa detik yang dibutuhkan untuk mengambil foto dengan resolusi tinggi.

Siapa yang Bakal Merilis Ponsel Berkamera 192 MP?
Meskipun klaim menyajikan keberadaan ponsel, belum ada indikasi perusahaan mana yang akan mengungkapnya ke permukaan. Untuk diketahui, baru-baru ini LG disebut-sebut akan merilis ponsel 5G dengan prosesor seri Snapdragon 760.