Temukan Celah Keamanan pada Kamera iPhone, Seorang Peretas Dihadiahi Rp1,2 M


Apple dikenal sebagai perusahaan yang sangat berhati-hati dengan produknya. Baru-baru ini, raksasa teknologi Amerika Serikat itu menghadiahi seorang peretas karena mampu mengungkapkan celah keamanan pada kamera iPhone.

Berkat kepiawaiannya itu, peretan bernama Ryan Pickren mendapat USD75 ribu atau sekitar Rp1,2 miliar. Dia merupakan mantan pegawai Amazon Web Service, yang kini bergabung di program Apple Security Bounty.

Melansir dari Phone Arena, Minggu (5/4/2020), Pickren menemukan kelemahan kamera iPhone melalui peramban Safari yang ada di iOS, karena terindikasi ada hal mencurigakan pada peramban tersebut.


Kemudian, barulah terungkap bahwal hal mencurigakan tersebut berasal dari kamera di iPhone. Indikasinya adalah ditemukan tujuh celah zero-day. Artinya, peretas bisa mengakses kamera di iPhone.

Namun, tidak semudah itu, korban bisa diretas jika mengunjungi situs tertentu yang berisi kode malicious. Peretas dapat mengetahui siapa targetnya jika orang tersebut pernah menggunakan situs video conference.

Tetapi tak perlu khawatir, setelah menemukan celah itu, Pickren langsung melaporkannya ke pihak Apple. Perusahaan mengklaim sudah menambal celah tersebut agar lebih aman.