Ini Trik Pedagang Nakal Samarkan Ponsel Black Market

Ilustrasi (foto:Telegraph)

Jakarta - Bagi Anda yang rutin mengganti gadget terbaru sebaiknya lebih berhati-hati. Pasalnya, ponsel Black Market atau pasar gelap tanpa sertifikasi resmi, terkadang bisa dijual secara resmi di toko online.
Menurut Blogger Herry SW, penjual nakal terkadang memanfaatkan keawaman konsumen pemula soal ponsel terbaru. Konsumen awam ini biasanya membeli ponsel tanpa melihat penjelasan soal garansi.
"Konsumen yang seperti ini yang kasihan. Mereka tidak sadar kalau sebenarnya mendapatkan produk yang tidak sesuai harapan semula," jelasnya.
Lebih jauh, ia juga menjelaskan soal trik yang dipakai pedagang nakal untuk memperdagangkan barang jualannya. Biasanya, iklan tersebut tidak menjelaskan secara detail produknya. "Deskripsi iklan sengaja dibuat menggantung untuk menjebak konsumen," lanjutnya.
Selain deskripsi iklan yang tidak jelas, masalah garansi terkadang menjadi senjata mereka untuk meyakinkan konsumen untuk membeli jualan mereka. "Penjual nakal biasanya menjanjikan garansi internasional selama satu tahun. Ini kan kesannya keren, padahal jika rusak tidak akan dilayani di pusat service resmi," tutupnya.
Seperti diketahui, kerugian yang akan diderita pembeli barang ilegal tidaklah sedikit. Selain masalah keaslian produk yang diragukan, layanan purna jual tentu akan menjadi permasalahan konsumen di masa depan.

1 comments:

Author
avatar
Reply