Rahasia Pemain Tong Setan Agar Tak Jatuh saat Atraksi

(foto:ShutterStock)

Jakarta - Bagi Anda yang pernah mengunjungi pasar malam pasti pernah melihat atraksi tong setan? Pengendara motor dengan lihai mengitari tong tanpa sekalipun terjatuh, ternyata ada teori fisika di balik atraksi ini.
Seperti dikutip dari Science ABC, Rabu (30/3/2016), ketika motor bergerak di dinding ada sejumlah gaya yang berperan terhadap hal ini. Gaya gravitasi yang bertindak dari bawah, gaya gesek yang bersinggungan langsung dengan ban sepeda, dan juga gaya sentripetal yang mengarahkan sepeda dari pusat lingkaran ke dinding.
Fakta bahwa sepeda tidak terjatuh dikarenakan gaya gesek dan gravitasi menyeimbangkan satu sama lain. Singkatnya, dua gaya ini bertindak dalam arah yang berlawanan dan bertanggung jawab satu sama lain.
Secara lebih mendalam, gaya gesek yang diakibatkan oleh ban motor harus didukung oleh kecepatan motor yang cukup. Artinya, harus ada kecepatan minimum dari motor untuk menghasilkan gaya gesek yang maksimum.
Ini sangat penting karena jika gaya gravitasi lebih besar, maka sepeda motor akan meluncur ke bawah dan pengendara akan jatuh. Gesekan menjadi kuat karena kecepatan meningkat, tetapi dengan meningkatkan kecepatan, dan lebih sulit bagi pengendara untuk mengarahkan kendaraan dengan aman.