Legenda Barca: Inggris Tidak Memiliki Mental Juara Di Piala Eropa 2016

Para pemain Timnas Inggris (Foto: REUTERS)

London - Kiprah tim nasional Inggris di gelaran Piala Eropa 2016 memang sudah resmi berakhir. Skuad The Three Lions harus pulang lebih awal usai dikalahkan oleh tim kejutan yakni Islandia di babak 16 besar Piala Eropa 2016.

Salah satu legenda Barcelona, Gary Lineker, pun coba memberikan komentarnya terkait tersingkirnya Inggris di gelaran Piala Eropa 2016. Menurutnya, para pemain Inggris memang tidak memiliki mental untuk bisa meraih status juara di Piala Eropa 2016.

“Kekalahan itu (dari Islandia) merupakan dampak dari minimnya kekuatan mental mereka yang disebabkan kurangnya prestasi di beberapa turnamen maupun dari banyaknya tekanan yang harus mereka tanggung,” jelas Lineker, seperti dikutip dari The Mirrors, Rabu (29/6/2016).

“Akan tetapi apabila kita berpikir jernih, tekanan yang didapat Inggris tidak sebesar tekanan yang dipikul oleh Timnas Spanyol, TImnas Jerman, dan TImnas Italia saat tampil di Piala Eropa 2016,” sambungnya.

“Ekspektasi kepada tim-tim tersebut jauh lebih tinggi daripada negara ini. Kita memang harus mengakui bahwa kita sudah terbiasa dengan kegagalan selama ini, dan harus ada perbaikan yang signifikan terhadap tim ini,” ujar pria berusia 55 tahun itu.

Dengan hasil minor tersebut, Inggris memperpanjang puasa tanpa gelarnya di kancah sepakbola internasional. Terkahir kali Inggris mampu meraih gelar juara adalah saat tampil di Piala Dunia 1966.