13 PSK Jatinegara diciduk Satpol PP

Ilustrasi PSK. (Foto: Merdeka.com/Imam Buhori)

Suku Dinas Sosial Jakarta Timur melakukan razia gabungan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pada Jumat malam. Hasilnya, mereka yang mengamankan 13 penjaja seks komersial (PSK).

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Haryanto mengatakan razia gabungan itu dilakukan di Kecamatan Jatinegara, yang merupakan daerah yang rawan muncul PSK. "Razia ini dipimpin langsung oleh wakil camat Jatinegara. Kami berkoordinasi dengan Satpol PP dan Kecamatan dalam melakukan penjangkauan," kata Haryanto, di Jakarta, Sabtu (30/7).

Dia mengatakan pihaknya melakukan penjangkauan dengan bersikap persuasif dan tidak menggunakan kekerasan. Dia mengatakan sekitar 15 petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur diterjunkan untuk melakukan penjangkauan di sekitar Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Stasiun Jatinegara dan daerah lainnya.

Haryanto menuturkan pihaknya rutin melakukan razia gabungan itu setiap bulannya.

"PSK tersebut akan kami data dulu di Kecamatan Jatinegara. Setelah itu dibawa ke panti sosial untuk pembinaan. Ini dilakukan agar mereka tidak kembali ke jalanan dan mendapat pekerjaan yang lebih mulia," katanya.