Jika ada Selandia Baru, di mana letak Selandia Lama?

Ilustrasi Selandia Baru. © baytravelgroup.com.au

Jika kita belajar geografi, seringkali nama-nama negara atau kota di dunia, diawali dengan 'New.' New Mexico yang dinamakan demikian karena Mexico lama adalah bagian dari Amerika Serikat yang kini jadi milik Mexico. Lalu ada New York, yang namanya diambil dari nama sebuah kota di Ontario, Kanada, yakni York.

Mungkin Anda bertanya-tanya di tentang asal-usul nama Selandia Baru, yang merupakan negara indah yang cukup dekat dengan Indonesia. Adakah negara Selandia Lama? Apa yang membuat Selandia Lama menjadi Baru?

Ternyata asal usul Selandia Baru cukup unik. Diawali dengan perjalanan pelaut Belanda yang terkenal menemukan Pulau Tasmania dan kepulauan Fiji, Abel Tasman. Sang petualang ini melaut dan mendarat di pulau yang kini jadi Selandia Baru, pada tahun 1640an.

Namun ia mengira dia berada di Staten Landt, yang merupakan sebuah pulau di ujung Argentina, yang sebelumnya pernah ia jelajahi dan namakan pulau tersebut sendiri. Dengan perjalanan laut yang lama tanpa peta dan peralatan canggih, tentu dia bingung.

Namun ketika ia sudah kembali ke Belanda, para kartografer di Belanda bernama Hendrik Brouwer dan Joan Blaeu menyadari bahwa pulau besar tersebut bukanlah bagian dari Amerika Selatan. Akhirnya, Blaeu menamakan area yang dijelajahi Tasman dengan nama Nieuw Zeeland, yang berasal dari nama 'Zeeland,' sebuah provinsi di barat negara Belanda.

Penamaan dari Zeeland sengaja dilakukan karena provinsi Zeeland terdiri dari beberapa pulau dan semenanjung. Zeeland juga berarti 'pulau laut' dalam bahasa Belanda.

Puluhan tahun berikutnya, penjelajah terkenal asal Inggris, James Cook, melakukan beberapa pelayaran untuk mengikuti jalur rasi bintang Venus ke Samudera Pasifik. Cook dan para awaknya tersesat dan akhirnya terdampar di Nieuw Zeeland, yang sama sekali tak pernah dikunjungi pelaut dari negara barat sejak Tasman.

Akhirnya Cook-lah yang membuat peta dari keseluruhan area garis pantai Nieuw Zeeland, dan bertanggung jawab atas penggantian namanya menjadi New Zealand.