Takut Naik Pesawat? Simak 5 Tips Penting Ini

ilustrasi - Penumpang di pesawat (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Kini pesawat menjadi alat transportasi favorit untuk traveling. Meski begitu, tak sedikit orang yang mengalami ketakutan saat naik pesawat.

Kolumnis travel James Wysong berkisah dalam artikelnya yang dimuat di situs NBC News. Pada sebuah penerbangan, ia bertemu seorang pria yang membawa backpack besar kemudian menyimpannya di bawah bangku. 

Dari hasil obrolan mereka, rupanya pria tersebut mengaku takut naik pesawat. Namun fobia itu sudah bisa dia atasi.

Ketika James bertanya bagaiamana cara mengatasinya, sang pria berkata, "Saya membawa parasut dalam setiap penerbangan."

Setiap orang punya level ketakutan tersendiri saat naik pesawat. Dalam artikel James di NBC News, sedikitnya satu dari enam orang dewasa mengidap aviophobia atau aerophobia. 

Bahkan, 35 persen awak kabin termasuk pramugari dan pilot juga mengalami ketakutan yang sama. Ketakutan saat naik pesawat bisa muncul dari berbagai hal seperti ketinggian, suara-suara aneh, situasi yang ramai, bahkan terorisme.

Namun bukan berarti ketakutan itu beralasan. Jika Anda harus naik pesawat dengan ketakutan tersebut mengawang-ngawang di atas kepala, berikut tips yang bisa dilakukan.

Pilih kursi di kabin bagian depan

Saat check in pesawat, pilihlah kursi di kabin bagian depan. Turbulensi atau goncangan akan lebih terasa jika Anda duduk di bagian belakang. Lebih besar pesawatnya, lebih minim terasa goncangannya.

Anggap turbulensi seperti jalanan rusak

Turbulensi memang menakutkan, namun jangan sampai hal itu membuat Anda panik. Tetaplah tenang, dan anggaplah turbulensi seperti jalanan rusak. Anda akan melewatinya cepat atau lambat.

Menonton film

Distraksi sangat penting agar Anda terhindar dari ketakutan saat pesawat mengudara. Cobalah menonton film, membaca buku, atau mendengarkan musik sambil memejamkan mata. Buatlah pikiran Anda "sibuk" oleh hal-hal selain kondisi di pesawat.

Hindari minuman berkafein

Kopi atau teh bukanlah minuman yang pas saat berada dalam pesawat. Minuman berkafein membuat jantung Anda berdebar lebih kencang. Kafein juga akan mempersulit Anda untuk beristirahat.

Minumlah air mineral karena penerbangan bisa menyebabkan Anda dehidrasi. Segelas wine juga bisa menenangkan Anda. Namun, jangan pula menenggak minuman beralkohol secara berlebihan.

Bernafas dengan teratur

Saat ketakutan, jantung Anda akan berdegup kencang dan nafas pun menjadi tidak beraturan. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap tenang, dan cobalah mengatur nafas. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan Anda selama penerbangan.