Geser "Iron Man", The Rock Jadi Aktor Berbayaran Terbesar Dunia

Aktor Dwayne Johnson , atau yang lebih dikenal dengan sebutan The Rock, menjadi pembawa acara MTV Movie Awards 2016 yang digelar di Warner Bros Studios, Burbank, California, Sabtu (9/4/2016).
(Foto: Emma McIntyre / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Dwayne "The Rock" Johnson dinyatakan sebagai aktor dengan penghasilan terbesar dalam 12 bulan terakhir.

Dalam daftar yang dirilis majalah Forbes, Kamis (25/8/2016), The Rock menghasilkan 64,5 juta dollar AS (Rp 851 miliar). Ia menumbangkan posisi yang dipegang Robert Downey Jr selama tiga tahun berturut-turut.

Bayaran mantan pegulat berusia 44 tahun itu naik dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya, yakni 31 juta dollar AS. Tahun lalu ia duduk di peringkat 11.

Penghasilan The Rock tahun ini didapat dari tiga filmnya, yakni Central Intelligence, Fast 8, dan Baywatch.

The Rock meyambut kabar tersebut melalui tweet. "Ingin katakan dua hal tentang ini. Saya memulai dengan 7 dollar. Jika saya bisa mengatasinya, kalian juga bisa."


Duduk di peringkat 2 dalam daftar tahunan Forbes itu adalah aktor Jackie Chan. Ia memperoleh 61 juta dollar.

Peringkat berikutnya adalah Matt Damon (55 juta dollar), Tom Cruise (53 juta dollar), dan Johnny Depp (48 juta dollar).

Dua aktor Bollywood masuk dalam 10 besar daftar ini. Mereka adalah Shah Rukh Khan di peringkat 8 dengan 33 juta dollar AS dan Akshay Kumar di posisi 10 dengan (31,5 juta dollar).

Sementara itu aktor pemeran Batman, Ben Affleck berada di posisi 6 dengan penghasilan sebesar 43 juta dollar. Disusul Vin Diesel dengan 35 juta dollar.

Pemeran Iron Man, Robert Downey Jr, tergeser ke posisi 9 dengan penghasilan sama dengan sang raja Bollywood, Shah Rukh Khan.

Pekan lalu, Forbes juga merilis peringkat aktris berbayaran terbesar. Untuk kali kedua, peringkat 1 ditempat oleh aktris pemenang Oscar, Jennifer Lawrence.

Dalam 12 bulan terakhir, ia menghasilkan 46 juta dollar AS, atau sekitar dua pertiga penghasilan The Rock.

Kesenjangan yang lebar antara honor yang diberikan kepada aktor dengan aktris menimbulkan perdebatan panjang di Hollywood. Para aktris merasa mereka dihargai lebih rendah dibandingkan para aktor.