Honda CB Hornet Siap Sengat Yamaha Byson

Honda CB Hornet mulai dipasarkan di India (Foto: Honda India)
Honda CB Hornet 160R baru saja dipasarkan di India. Desainnya terlihat dinamis yang cenderung meruncing dari depan sampai belakang.

Honda CB Hornet terbaru ini memiliki desain lampu depan serupa CB 150 R Streetfire, namun berdimensi lebih besar. Sedangkan tail-light mengusung bentuk menyerupai huruf X dengan teknologi LED.

Tak hanya itu, terdapat pula panelmeter digital mirip Honda Streetfire. Nampaknya, Honda CB Hornet cukup cocok digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Pasalnya, tangki bensin CB Hornet memiliki kapasitas sebesar 12 liter.

Beralih ke dapur pacu, motor ini mengusung mesin satu silinder 162,71 cc berpendingin udara dengan transmisi manual 5 percepatan. Konfigurasi tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 14,9 Tk dan torsi 14,5 Nm.

Di sisi kaki-kai, CB Hornet 2018 menggunakan suspensi depan teleskopik dan monoshock di bagian belakang. Honda juga membekalkan ban gambot berukuran 100/80 R17 di depan dan dipadukan dengan ban 140/70 R17.

Untuk menahan lajunya, pabrikan berlogo sayap ini menyematkan disc brake di depan dan belakang Honda CB Hornet. Untuk menunjang keselamatan pengendara, keduanya pun dibekali dengan teknologi Anti-lock Brake System (ABS) single channel.

Harga Honda CB Hornet
Menariknya, motor ini memiliki harga lebih murah dibanding Honda Vario 150 seharga Rp 22 jutaan. Dilansir dari drivespark.com, motor ini memliki 4 varian dengan harga berbeda. Di India, untuk seri termurah, ditawarkan seharga Rs 84.675 atau sekitar Rp 18 jutaan. Sementara versi termahal dengan teknologi CBS (combi brake system) dibanderol Rs 90.707 atau setara dengan Rp 19,5 jutaan.

Dengan banderol dan spesifikasi tersebut, Honda CB Hornet 160 R bisa menjadi pesaing kuat Bajaj Pulsar 160 dan Yamaha Byson di India. Sepertinya motor ini cocok diboyong ke Indonesia menggantikan posisi Honda MegaPro yang sudah lama tak mengalami perubahan. Akankah langkah tersebut akan dilakukan oleh Honda? Menarik untuk dinantikan.