4 Alasan Kroasia Layak Juara Piala Dunia 2018

Para pemain Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Sabtu (7/7/2018). Kroasia menang 2-2 (4-3) atas Rusia.

Jakarta - Kroasia bermain impresif sepanjang Piala Dunia 2018. Mereka terus melaju dan menembus semifinal.

Usai menyingkirkan tuan rumah Rusia, Kroasia selanjutnya memperebutkan tiket final Piala Dunia melawan Inggris.

Melihat penampilan mereka yang meyakinkan, banyak orang mulai menjagokan tim asuhan Zlatko Dalic untuk menjadi juara turnamen.

Faktor skuat jadi salah satu pertimbangan. Generasi emas Kroasia punya beberapa gelandang terbaik di dunia seperti Luka Modric, Ivan Rakitic dan Mateo Kovacic.

Selain itu, mereka juga punya penyerang berpengalaman seperti Mario Mandzukic dan Ivan Perisic.

Berikut alasan mengapa Kroasia dapat memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya:

Danijel Subasic

Daniel Subasic.

Subasic merupakan salah satu pemain terbaik Kroasia di turnamen karena dia hanya kebobolan empat gol dan mengemas dua clean sheet. Dia bahkan tidak kebobolan saat melawan Argentina yang punya pemain depan kelas dunia seperti Lionel Messi, Sergio Aguero dan Paolo Dybala.

Kiper AS Monaco itu juga menggagalkan empat tembakan penalti pada babak tos-tosan melawan Denmark dan Rusia di babak gugur.

Subasic akan memainkan peran kunci untuk tim Balkan di turnamen ini dan semoga dia bisa menampilkan performa yang solid dan mendukung pertahanan.

Produktif

Proses terjadinya gol yang dicetak gelandang Kroasia, Ivan Perisic, ke gawang Islandia pada laga grup D Piala Dunia di Rostov Arena, Rostov-on-Don, Selasa (26/6/2018). Kroasia menang 2-1 atas Islandia.

Ivan Perisic dan Mario Mandzukic adalah dua penyerang terbaik yang mewakili Kroasia. Mereka selalu berjuang untuk tim Balkan sepanjang karier mereka.

Mereka berdua total sudah memainkan 156 pertandingan dan mencetak 50 gol dengan beberapa assist. Keduanya juga memainkan peran penting untuk Kroasia di Piala Dunia tahun ini.

Ivan Perisic mencetak gol kemenangan melawan Islandia pada pertandingan grup terakhir mereka. Mario Mandzukic mencetak gol penyama kedudukan melawan Denmark di menit ke-3 dalam pertandingan babak 16 besar.

Mereka adalah penyerang utama di dalam tim dan hampir sama pentingnya dengan Luka Modric. Kedua penyerang itu akan menjadi kunci bagi Kroasia untuk memenangkan Piala Dunia.

Lini Tengah

Gelandang Kroasia, Luka Modric, berusaha melewati gelandang Rusia, Artyom Dzyuba, pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Sabtu (7/7/2018).

Kroasia terkenal karena lini tengah mereka yang kuat setelah menghasilkan beberapa gelandang berkualitas selama satu dekade terakhir atau lebih. Mereka sekarang punya pemain berkualitas seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Mateo Kovacic.

Rakitic dan Modric sudah membuktikan diri di panggung terbesar dan mereka total sudah mencetak tiga gol di turnamen sejauh ini. Meskipun Kovacic tidak mendapat kesempatan bermain yang lebih banyak, dia akan sangat penting bagi perjalanan Kroasia.

Ivan Perisic dimainkan sebagai gelandang pada sebagian besar pertandingan dan cukup sukses. Badelj juga tampil bagus untuk mereka dengan berkontribusi membuat assist dan mencetak gol. Harapan Kroasia akan bergantung pada kinerja para gelandang mereka.

Pengalaman

Para pemain Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia pada laga perempat final Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Sabtu (7/7/2018). Kroasia menang 2-2 (4-3) atas Rusia.

Kroasia memiliki sesuatu yang tidak dimiliki semua tim di perempat final, pengalaman. Skuat mereka sangat berpengalaman dan itu akan sangat berguna untuk mengatasi tekanan di fase knockout. Skuad memiliki rata-rata memainkan 41 pertandingan tiap pemain dan itu menunjukkan jumlah pengalaman yang mereka miliki.

Pemain seperti Mario Mandzukic, Luka Modric dan Ivan Rakitic sudah memenangkan banyak trofi dengan klub mereka dan semua pengalaman itu akan sangat berguna. Kroasia punya skuat yang berbakat dan pengalaman yang bisa menjadi faktor penentu dalam menghadapi tekanan.

Secara keseluruhan, Kroasia punya skuad yang kuat dan merupakan pesaing yang kuat untuk memenangkan Piala Dunia saat ini.