Angkat Koper dari Piala Dunia, Pelatih Spanyol Minta Publik Salahkan Dirinya

Pemain timnas Spanyol, Iago Aspas melakukan tendangan ke gawang Rusia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7). Rusia lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 4-3 atas Spanyol. (AP/Antonio Calanni)
Moskow - Timnas Spanyol harus angkat koper dari Piala Dunia 2018 lebih cepat. Pasalnya, mereka takluk melawan Rusia dengan skor 3-4, Minggu (1/7/2018).

Kekalahan Spanyol sungguh mengejutkan. Pasalnya, selama 120 menit, Tim Matador mendominasi permainan dengan ball possession hingga 79 persen.

Andres Iniesta dan kawan-kawan juga melepaskan 15 sepakan, sembilan di antaranya on target.

Tersingkirnya timnas Spanyol membuat Fernando Hierro merasa bersalah. Dia mengambil tanggung jawab penuh, meski baru menjadi pelatih Spanyol, sehari sebelum gelaran Piala Dunia 2018.

"Tidak, kami tidak bisa menyalahkan siapa pun. Kami harus realistis, situasinya memang begini," ujar Hiero, dikutip dari laman resmi FIFA.

"Saya mengambil peran ini karena tanggung jawab dan saya menerima dengan semua konsekuensinya," kata pelatih Spanyol berusia 50 tahun tersebut.

Gantikan Julen Lopetegui

Pertandingan akhirnya ditentukan lewat adu penalti. Eksekutor Spanyol maju lebih dulu, disusul kemudian Rusia.

Momentum Rusia datang ketika Koke gagal memasukkan bola. Rusia akhirnya menang 4-3 setelah Igor Akinfeev menahan tendangan penalti Iago Aspas.

Rusia berhasil menciptakan sejarah dengan lolos ke perempat final. Di babak ini, Rusia akan berhadapan dengan pemenang laga Kroasia vs Denmark.