Buruan Tukarkan 4 Uang Kertas Kedaluwarsa Ini Sebelum Terlambat!

Karyawan memeriksa uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Bank Indonesia memfasilitasi masyarakat untuk menukarkan uang rupiah yang rusak secara gratis. (Arie Basuki)
Setiap tahun, Bank Indonesia mengumumkan daftar uang kadaluarsa yang akan dicabut dari peredaran. Pada tahun ini, ada beberapa jenis uang rupiah beredar yang habis masa berlakunya pada akhir tahun ini.

Uang tersebut sebenarnya telah dinyatakan tidak berlaku sejak beberapa tahun silam, namun masih dibolehkan beredar secara terbatas dan menjadi alat transaksi hingga batas waktu tertentu. Sebab itu, Anda harus memperhatikan jangka waktu peredaran dan bulan terakhir uang tersebut akan benar-benar dicabut.

Sebelum batas akhir tersebut, Anda harus menukarkannya di kantor pusat Bank Indonesia di Jakarta, atau di kantor regional Bank Indonesia di daerah yang terdekat dengan tempat tinggalmu.

Pada tahun ini, ada empat jenis uang kertas dinyatakan dicabut sehingga harus ditukar di kantor Bank Indonesia pusat atau wilayah. Keempat uang kertas tersebut diterbitkan pada 1998 dan 1999 silam dan telah dinyatakan dicabut pada 2008. Jangka waktu untuk menukarkan empat uang kertas tersebut ialah Desember 2018.

Batas akhir tersebut sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, uang yang telah dicabut hanya dapat beredar di masyarakat paling lama sepuluh tahun sejak uang tersebut dinyatakan dicabut.

4 Uang Kadaluarsa 2018 :
Mengutip keterangan Bank Indonesia di situsnya, empat jenis uang kertas kadaluarsa yang harus Anda tukarkan paling lambat Desember 2018 adalah pecahan lama Rp 100 ribu, pecahan Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, dan Rp 10 ribu. Berikut ini gambarnya, seperti disarikan dari situs perbandingan dan pengajuan