JPO Bundaran HI Mulai Dirobohkan

JPO Bundaran HI mulai dirobohkan. (Sahaya Anisa)

Jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat Bundaran HI dirobohkan malam ini. Bagian JPO sebelah barat dekat Plaza Indonesia dibongkar lebih dulu. 

Berdasarkan pantauan, Senin (30/7/2018), perobohan dimulai dengan melubangi lantai jembatan sekitar pukul 20.50 WIB. Nantinya lubang-lubang itu akan dikaitkan dengan bagian di crane untuk kemudian diangkat. 

"Kalau metode pekerjaannya, kita bekerja mulai dari sisi barat. Jadi barat itu kita tutup jam 21.00 sampai jam 01.00 malam. Ini udah mulai dilas-las aja (melubangi). Karena kan crane-nya itu kan ada slingnya," kata Cooperate Secretary MRT Tubagus Hikmatullah. 

Puluhan petugas berada di lokasi untuk melakukan perobohan. Sebagian dari mereka berasal dari Dinas Perhubungan yang membantu pengguna jalan mengikuti arus lalin yang telah dialihkan. 

Pembongkaran akan dilakukan hingga 2 Agustus 2018. Untuk malam ini, perobohan sisi barat dilakukan hingga pukul 01.00 WIB, Selasa (31/7/2018). Selanjutnya, dari pukul 01.00 hingga 06.00 WIB, dilakukan perobohan untuk sisi lain. 

Sehubungan dengan penutupan Jalan MH Thamrin ini, pihak kepolisian dan instansi terkait telah menyiapkan rute alternatif sebagai berikut:

1. Pengaturan lalu lintas tahap 1:

a. Arus kendaraan lalu lintas dari selatan (Sudirman) ke Monas dialihkan ke Jalan Imam Bonjol-belok kiri ke Jalan Agus Salim-belok kiri ke Jl KH Wahid Hasyim-belok kanan ke Jalan MH Thamrin dan seterusnya.

b. Diberlakukan contraflow untuk kendaraan yang akan menuju gedung-gedung yang posisinya berada di antara Bundaran HI hingga simpang Sarinah.

2. Pengaturan lalu lintas pada tahap 2:

a. Arus kendaraan lalu lintas dari arah Monas ke selatan (Sudirman) dialihkan belok kiri ke Jalan Wahid Hasyim-belok kanan ke Jalan Agus Salim-belok kiri menuju Jalan Gereja Theresia-belok kanan menuju Jalan Yusuf Adiwinata-belok kiri ke Jalan Imam Bonjol-putar balik di TL (simpang Imam Bonjol-Cokroaminoto)-belok kiri menuju Jalan Pamekasan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya.

b. Diberlakukan contraflow untuk kendaraan yang akan menuju arah selatan (Sudirman) yang posisinya berada di antara simpang Sarinah hingga Bundaran HI pada Jalan Thamrin sisi timur melalui Jalan Sunda-Jalan Agus Salim dan seterusnya.

3. Penutupan 2 lajur jalan (lajur bus TransJakarta dan lajur reguler) pada Jalan M Thamrin sisi barat ke arah Monas dilakukan pada Selasa (31/7) mulai pukul 05.00 hingga Kamis (2/8) pukul 23.00 WIB.