Jualan Durian, Pria Ini Kantongi Rp 212 Miliar

Durian TRL. Dok: Adrian Yoong
Sebuah pencapaian luar biasa diraih oleh Xiong Zhenhua, seorang pria Malaysia yang sukses besar di bisnis durian. Tidak tanggung-tanggung, penghasilan yang diraih perusahaannya mencapai USD 14,7 juta atau sekitar USD 212 miliar (1 USD = Rp 14.454) pada tahun lalu.

Dilansir dari China Daily, Xiong Zhenhua memiliki perusahaan bernama TRL yang berkecimpung di produksi dan ekspor durian. Produk durian TRL dikirim ke negara tetangga di Asia Tenggara, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Pendapatan TRL berhasil meroket berkat berkolaborasi dengan raksasa e-commerce Alibaba. Diketahui, hampir 70 persen klien terbaru perusahaan didapatkan lewat Alibaba.

Hal itu pun membantu perusahaan asal Pahang ini untuk lebih berhemat karena tidak perlu pergi ke luar negeri untuk berpartisipasi dalam bermacam ekshibisi. Sebab, para klien bisa menemukan mereka secara online.

Lebih lanjut, perusahaan ini sudah membangun anak usaha di Hong Kong, Thailand, Vietnam, dan Indonesia demi memperluas jangkauan pasar mereka.

Komoditas utama yang dijual TRL adalah Durian Musang King  grade A yang sudah terkenal akan kelezatan dan harganya yang tinggi. Ketika sedang berada di puncak penjualan, mereka bisa menjual durian tersebut sampai 30 ton per hari.

Alibaba sendiri memang sedang fokus pada pengembangan usaha kecil dan menengah. Maret lalu, Alibaba meluncurkan pusat Electronic World Trade Platform (eWTP) di Malaysia. Lewat eWTP, para usaha kecil dan menengah diberikan infrastruktur seperti yang dimiliki perusahaan besar untuk bergerak di kancah perdagangan global.