Kendaraan Listrik Aman Bila Terendam Banjir, Asal..

motor listrik custom buatan Mosell (istimewa)
Tak sedikit pengguna kendaraan listrik yang khawatir bila sepeda atau motor listriknya terkena air baik kehujanan atau pun terendam banjir.

Hal ini ternyata sudah diantisipasi oleh perakit sepeda listrik maupun pembuat motor listrik, bahkan dari pabrikan komponen pun juga sudah dirancang agar baterai atau dinamo aman dari air.

"Soal banjir, kalau BLDC (Brushless DC electric motor atau dinamo) terendam tidak masalah karena dirancang waterproof termasuk controller juga begitu," kata Priyo Agung Widodo selaku Founder Mosell, perakit motor listrik dan juga kustom baterai listrik.
Menurutnya, yang paling tidak bisa ditolerir yaitu keamanan baterai.

"Kalau mau merancang motor listrik supaya aman, baterai paling tidak ditaruh di bawah tempat kita duduk. Itu sudah tinggi posisinya," kata Agung.

Hal senada juga diungkapkan oleh Gede Dijaya, Owner Le-bui (Lombok E-Bike Builder). Perakit sepeda listrik kustom ini menggunakan komponen asal Taiwan, dimana menurutnya, part dinamo dan baterai sudah dari sana dibikin seaman mungkin dengan standar pabrik.

"Di sini yang kita lakukan mengamankan lagi sambungan kabel yang dibikin dengan silikon agar kedap air sehingga kalau ketemu hujan atau banjir tidak masalah," kata Gede.

Menurutnya, sambungan kabel yang diamankan dengan isolasi bakar, bisa melindungi komponen yang sekiranya rawan dengan konslet.

"Kalau sekadar melintas atau menerobos hujan tidak masalah, akan bermasalah ya kalau direndam di genangan air itu pasti masalah. Asal jangan direndam. Kalau sekedar melintas tidak akan ada masalah," ujarnya.