Mau Kaya Raya? Tiru Kebiasaan Kecil Para Milirder

Ilustrasi (iStock)
“Tak ada hasil yang mengkhianati usaha.” Sepenggal nasihat lama ini sering kita dengar dan menjadi penyemangat kala berada dalam situasi pelik. Di balik usaha yang kita lakukan, ternyata ada hal lain yang dapat menghantarkan diri pada hidup sukses seperti halnya para miliarder.

Akan tetapi, kita kurang menyadari hal itu dan memilih larut dalam kesedihan akibat kegagalan yang menimpa. Kalau Anda tahu, para miliarder juga pernah mengalami kegagalan, tapi mereka mampu bangkit dari keterpurukan karena mereka mampu memotivasi diri sendiri.

Ada baiknya, tiru kebiasaan kecil para miliarder yang bisa memotivasi Anda untuk bisa kaya raya

1. Cobalah Pahami Diri Sendiri

Para miliarder mampu memahami dirinya sendiri dengan baik. Seperti halnya Warren Buffet, dirinya pernah bercita-cita menjadi orang kaya di dunia. Dia tahu kalau keinginan ini bisa terwujud dengan kerja keras bukan dengan berdiam diri. Maka dia memutuskan untuk bekerja menjadi loper koran di usia 11 tahun dan mengalokasikan sebagian gajinya untuk berinvestasi.

Hingga akhirnya dirinya benar-benar menjadi orang terkaya di dunia. Dengan mampu memahami diri sendiri, kita bisa membawa diri ke gerbang kesuksesan. Bukan hanya tahu apa yang diinginkan saja, tapi juga tahu proses yang akan dilalui dan mau belajar mendewasakan diri demi tercapainya keinginan tersebut.

2. Menetapkan Rencana Keuangan

Dalam satuhari, para miliarder mampu menghasilkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah. Agar uang yang didapatkan digunakan denganbaik, para miliarder memiliki rencana keuangan yang jelas khususnya untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

Hal itu penting dilakukan karena di dalam rencana keuangan, semua arus pengeluaran terekam jelas. Sehingga uang yang dihabiskan tidak disalahgunakan untuk kebutuhan yang kurang penting.

(Baca Juga: Orang Kaya dan Pura-Pura Kaya: IniBedanya!)

3. Tahu Apa yang Diprioritaskan

Setiap orang memiliki tingkat kesibukan yang berbeda-beda.

Tapi alangkah baiknya jika kesibukan tersebut mampu ditelaah dengan baik sehingga kita tahu mana yang menjadi prioritas dan mana yang bisa dikesampingkan. Sehingga waktu yang ada tidak terbuang begitu saja, melainkan dimanfaatkan betul untuk menyelesaikan apa yang sudah diprioritaskan demi meraih sukses dan menjadi kaya raya.

Jadi, apa prioritas Anda?

4. Biasakan Menempatkan Dana ke Instrumen Investasi

Para miliarder tidak menghabiskan uangnya untuk berfoya-foya, tapi untuk berinvestasi. Seperti halnya Jeff Bezos, pemilik e-commerce Amazon ini tidak hanya berivestasi di Amazon saja tapi juga berinvestasi untuk pesawat luar angkasa, Blue Origin.

Dalam jangka panjang, investasi tersebut dipercaya akan menuai hasil maksimal dan bisa didiversifikasi untuk jenis investasi lainnya. Kalau mau kaya raya, jangan habiskan uang Anda untuk nongkrong tapi investasikan secara bijak.

5. Rajin Membaca Artikel Keuangan

Membaca memiliki sejuta manfaat. Maka tidak heran kalau miliarder selalu menyisihkan waktu untuk membaca buku dan artikel keuangan.

Ilmu yang didapat dari membaca bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu yang sudah ada atau membuat temuan baru yang belum pernah dipikirkan orang lain.

Dalam satu bulan, setidaknya ada satubuku yang dibaca miliarder untuk mengisi waktu luangnya. Sudahkah Anda rutin membaca buku?

6. Punya Manajemen Waktu yang Baik

Time is money. Para miliarder sangat menghargai setiap jarum jam yang berputar. Apabila mereka lengah selama satu jam saja, peluang untuk menghasilkan uang pun akan hilang begitu saja.

Sebelum hari esok datang, para miliarder sudah membuat daftar aktivitas apa yang akan dilakukan. Sehingga semua kegiatan yang direncanakan berjalan sesuai jadwal dan tercapai secara keseluruhan.

7. Berpenampilan Sederhana

Kalau diamati, para miliarder bukantipe orang yang suka bergaya kemanapun dia pergi. Lihat saja Mark Zuckerberg, kemanapun dirinya pergi, dia akan mengenakankaos oblong dan celana jeans.

Dirinya mengaku kalau pakai kaos oblong jauh lebih nyaman dibandingkan pakai kemeja. Anda bisa perhatikan, Mark masuk dalam jajaran 10 besar orang terkaya di dunia. Kalau dia mau, dia bisa saja membeli baju-baju mahal dari desainer ternama, tapi dirinya lebih memilih untuk tampil sederhana di setiap kesempatan.

Ketahui Tipe Kaya Raya Seperti Apa yang Anda Inginkan

Kekayaan memiliki level yang berbeda-beda. Ada kaya sedang-sedang saja, menengah, dan tinggi alias tajir melintir seperti para miliarder. Nah, tingkat kekayaan seperti apa yang Anda inginkan?

Jika Anda ingin kaya raya sepertimiliarder, lakukan tips para miliarder di atas dan barengi dengan kerja keras agar keinginan tersebut bisa terwujud.