Seleksi CPNS 2018 Akan Diumumkan Bila Keuangan Negara Sudah Siap

Seleksi CPNS 2018.
Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih terus menggodok proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018). Seleksi CPNS 2018 dipastikan segera diumumkan kepada masyarakat.

Menteri PANRB Asman Abnur mengaku, telah menerima usulan formasi dari berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian dan Lembaga (K/L). Namun, keputusan final belum bisa dipublikasikan. Ini karena masih dalam proses kajian perihal keuangan negara untuk membiayai proses penerimaan abdi negara baru tersebut.

"Formasinya memang sudah diajukan oleh berbagai instansi ke Kementerian PANRB, tapi kami masih merundingkan kemampuan keuangan negara. Jadi, terakhir menunggu keputusan itu. Kalau keuangan negara sudah memungkinkan, maka akan saya umumkan," jelas dia di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Seperti diketahui, lowongan terbesar formasi CPNS tahun ini akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Langkah ini guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T). Rekrutmen CPNS 2018 akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

Adapun saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah sebesar 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, yakni sebanyak 1,6 juta atau sekitar 38 persen.

Lebih lanjut, Menteri Asman menyampaikan, keputusan final CPNS 2018 seperti proses pengumuman dan pendaftaran tes akan segera diumumkan. "Secepatnya, pokoknya pada tahun ini," ucapnya singkat.

Dia pun turut mengimbau, agar masyarakat tidak termakan isu hoax terkait pembukaan sistem seleksi CPNS 2018 yang kini marak beredar di media sosial.

"Pengumuman soal itu belum ada yang kami umumkan. Kalau ada yang beredar berarti itu tidak benar," Asman menukaskan.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan proses validasi data untuk menetapkan formasi akhir sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) akan dituntaskan akhir Juli ini.

"Akhir Juli adalah ancar-ancar. Kami ingin ketika diumumkan adalah pada saat semua proses menuju pengumuman telah selesai," tutur Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakir saat dihubungi, Senin (23/7/2018).

Mudzakhir memastikan segera mengumumkan proses validasi tersebut kepada masyarakat. "Mohon ditunggu, ketika sudah saatnya akan kami segera umumkan," kata dia.

Dia mengaku, Kementerian PANRB tidak menargetkan secara khusus waktu pengumuman seleksi CPNS 2018. Menurut dia, jika segala proses telah rampung, informasi tersebut akan langsung dibagikan kepada publik.

"PANRB tidak berdasarkan prediksi, namun menetapkannya sesuai ketentuan dalam PP no 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS," ungkapnya. 

Saat ditanya apakah waktu seleksi CPNS 2018 akan dibagikan pada pekan pertama di bulan Agustus, Mudzakhir masih enggan membocorkanya secara pasti. 

Kata Mudzakir, yang paling penting waktu seleksi CPNS 2018 akan dibagikan segera.

"Saya tidak bisa menyebutkan bulan tertentu yang sifatnya definitif ya. Mohon ditunggu saja. Intinya, sesuai yang disampaikan Pak Menteri PANRB Asman Abnur, semakin cepat semakin baik," tandas dia.