Slenderman, Makhluk yang Buat Dua Remaja Gangguan Mental Lakukan Usaha Pembunuhan

Cerita Slenderman yang membuat dua gadis dengan gangguan mental lakukan usaha pembunuhan (Sumber: HBO)
Kisah ini menunjukkan bahwa cerita-cerita horor yang beredar di internet ternyata mampu mempengaruhi psikologis. Salah satunya adalah tentang Slenderman yang "memengaruhi" dua orang remaja yang menderita gangguan mental.

Pada 2014, seorang gadis 12 tahun asal Wisconsin merangkak keluar dari hutan dengan berlumuran darah. Dia mengatakan pada seorang pengendara sepeda bahwa dia diserang dua orang temannya yang menderita gangguan mental.

Morgan Geyser dan Anissa Weier yang berumur sama dengan korban mengungkapkan pada polisi alasan mereka membawa Payton Leutner ke dalam hutan setelah menginap dan menikamnya 19 kali. Mereka ingin menyenangkan seorang "pria" yang disebut Slenderman.

Keduanya didakwa dengan percobaan pembunuhan dan pada Desember 2017, mereka dihukum sangat lama di sebuah rumah sakit kesehatan mental. Kasus ini menjadi sorotan publik, mengangkat kembali tentang masalah gangguan mental, sekaligus membuat orang bertanya-tanya, siapa atau apa itu Slender Man? 

Melansir Los Angeles Times pada Senin (16/7/2018), Slender Man atau Slenderman, adalah sebuah karakter fiksi yang tinggi, jangkung, dan tanpa wajah yang lahir dari sebuah tantangan Photoshop tahun 2009 di forum-forum internet.

Tantangannya yaitu dengan mengambil foto-foto normal untuk ditambahkan dengan tema paranormal seperti hantu ke dalamnya, serta membuatnya menjadi lebih nyata.

Eric Knudsen, salah seorang pengguna forum mengunggah gambar hitam-putih yang menunjukkan Slender Man dengan anak-anak tak bernama.

Selain itu, dia menambahkan tulisan: "Kami tidak ingin pergi, kami tidak ingin membunuh mereka, tetapi keheningan yang terus menerus dan lengannya yang terulur membuat ngeri dan menghibur kami di saat yang sama,"- 1983, fotografer tak dikenal diduga tewas.

Kemudian dia menyertakan beberapa foto lainnya yang di dalamnya terdapat makhluk itu, bahkan sempat menyertakan surat dokter palsu dan cerita adanya 33 pasien yang hilang dari sebuah rumah sakit jiwa.

Sejak itulah, daya tarik makhluk misterius itu berkembang. Bahkan, beberapa orang yang percaya menganggap Slender Man nyata.