Sudah Ditemukan, Tim Sepak Bola Remaja Belum Bisa Keluar dari Goa

Tim sepak bola remaja di Thailand yang terdiri dari 12 remaja dan seorang pelatih ditemukan di dalam goa setelah terjebak sejak 23 Juni 2018. (AFP/AL Thailand) 
BANGKOK - Pelatih dan tim sepak bola muda yang berjumlah 12 orang berhasil ditemukan oleh tim penyelamat setelah dinyatakan hilang di dalam goa selama sembilan hari.

Sejumlah keluarga korban yang menunggu selama berhari-hari di sekitar lokasi kejadian merasa bahagia setelah mendengar berita tersebut. "Saya bahagia. Saya tidak tahu bagaimana mendeskripsikannya, ini sangat tak terbayangkan,".

"Saya sudah menunggu selama 10 hari. Saya tak membayangkan hari ini akan datang. Saya hanya ingin melihat anak saya dan memeluknya, itu lebih dari apapun," ucapnya menambahkan.

Namun, 13 orang tersebut kemungkinan besar belum bisa keluar dengan segera dari goa tersebut karena saat ini di Thailand sedang dalam musim hujan, sehingga harus menunggu beberapa bulan agar air yang ada di dalam goa berkurang.

Jika dipaksakan untuk dibawa keluar, mereka harus memiliki keterampilan untuk menyelam. Namun, hal itu diperingatkan oleh ahli menyelam bahwa bisa berbahaya jika membawa penyelam yang tidak memiliki pengalaman untuk melewati perairan yang berlumpur dan jarak pandang terbatas.

Opsi terakhirnya, mereka harus menunggu hingga air di dalam goa berkurang. Hal itu berarti 13 orang tersebut harus bertahan untuk beberapa bulan dan akan selalu diberi makanan dan bantuan dari luar.

Menurut pihak militer, penyelamat saat ini sedang bekerja untuk membawa beberapa kebutuhan para korban selama empat bulan ke depan.