Teknologi Blockchain Rambah Industri Aplikasi Informasi

Ilustrasi blockchain. Dok: netscout.com
Jakarta - Tak bisa ditampik kalau blockchain adalah salah satu teknologi yang menjadi sorotan di 2018. Teknologi ini diklaim mampu membuat proses bisnis yang terjadi lebih efisien.

Sederhananya, blockchain merupakan basis data global online yang dapat diakses siapapun via internet. Blockchain sendiri juga menjadi teknologi utama di balik mata uang digital alias cryptocurrency.

Terkini, blockchain merambah industri aplikasi informasi di Indonesia. Salah satu startup yang memanfaatkan teknologi ini adalah Berita Saku.

Sekadar informasi, aplikasi Berita Saku menawarkan ragam informasi menarik.

Berkat blockchain, aplikasi ini memiliki algoritma akurat untuk merekomendasikan informasi personal sesuai dengan sasaran pengguna yang diinginkan.

Manajer Berita Saku Erwin Ernanda mengatakan aplikasi ini memiliki pola insentif dengan menghubungkan pembuat konten, pengguna biasa, hingga pihak pengiklan dengan menyediakan hadiah atau token kontrak ERC untuk mewujudkan UVT (User Value Token) berbasis Ethereum.

“Era blockchain mengubah kehidupan kita secara drastis, membentuk segala bentuk organisasi ekonomi, memberikan perubahan subversi bagi keuangan dan teknologi industri,” kata Andi dalam keterangan resminya.

“Pada aplikasi informasi tradisional kurang memiliki mekanisme insentif sehingga menyebabkan kendala yang tidak diinginkan setelah pengembangan. UVT berfungsi menjadi medium transmisi nilai dalam pembangunan ekologi Berita Saku," lanjutnya menambahkan.

Pada akhirnya, sambung Andi, Berita Saku bisa menjadi satu platform informasi berita terpusat yang bersifat self-driven, self-organization, dan self-optimization.