Wapres: Indonesia Berencana Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Wapres Jusuf Kalla bersama Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim saat berkunjung ke Lombok Tengah dalam acara Rembuk Desa mengatasi Stunting atau anak tumbuh kerdil.
JAKARTA  - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, Indonesia sudah memiliki modal untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Bahkan, Kalla mengungkapan adanya rencana besar.

"Kami merencanakan untuk mem-bid Olimpiade 2032," ujar dia dalam acara Inasgoc dengan sponsor resmi Asian Games di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Menurut Kalla, modal besar Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade yakni gelaran Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang yang akan digelar pada Agustus 2018 tersebut.

Ia menuturkan, Asian Games merupakan event olahraga yang hampir sama dengan Olimpiade. Mulai dari standar, persiapan, hingga jumlah atlet yang terlibat.

"Kalau melihat persiapan Olimpiade dibanyak negara, itu tidak jauh beda dengan persiapan Asian Games. Juga atletnya. Jadi mereka standar-standar (sama)," kata dia.

"Kalau Asian Games, atletnya itu banyak dari berbagai negara, kalau Olimpiade (banyak namun) disaring, kualitas beda, performance beda, tetapi dari segi penyelenggaraan, hampir sama," sambung Kalla.

Meski begitu, rencana mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 akan terlebih dulu melihat pelaksaan Asian Games 2018.

Selain itu, banyak hal yang perlu pertimbangan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Salah satu yang disorot yakni kesiapan anggaran.