4 Pemain NBA Ramaikan Asian Games 2018

Pebasket putra Indonesia, Kevin Yonas Argadiba Sitorus (kiri) mencoba menahan laju pemain Korea pada babak penyisihan Grup A Basket Putra Asian Games 2018 di Jakarta, Selasa (14/8). Indonesia kalah 65-104. (Helmi Fithriansyah)
Cabang olahraga bola basket pada Asian Games 2018 bakal diramaikan oleh kehadiran empat pemain yang berlaga di NBA. Mereka tampil mewakili negara masing-masing. Dari keempatnya, ada yang penasaran mendulang medali emas Asian games 2018.

Cabang olahraga basket di Asian Games 2018 berlangsung pada 14 Agustus hingga 1 September 2018. Sebanyak 14 negara tampil di cabor basket, termasuk Indonesia.

Di pertandingan pertama, 14 Agustus lalu, Korea Selatan menang telak atas Indonesia. Korea Selatan menang 104-65.

Berbicara soal basket, ada empat bintang NBA yang mewarnai Asian Games, yakni Ding Yanyuhang dan Zhou Qi (Tiongkok), Hamed Haddadi (Iran) serta Jordan Clarkson (Filipina).

Hamed Haddadi merupakan mantan pemain Memphis Grizzlies dan Phoenix Suns. Pada tahun ini, dia dikabarkan kembali ke NBA dan bergabung dengan Miami Heat.

Pria berusia 33 tahun itu akan memperkuat Iran di Asian Games. Hamed merupakan bintang NBA yang sangat penasaran dengan m3dali emas Asian Games.

Pada Asian Games 2006, dia hanya mendapatkan medali perunggu. Sedangkan di Asian Games Incehon 2014, Hamed hanya mempersembahkan medali perak untuk Iran.

Din Yanyuhang merupakan pemain baru Dallas Maverick. Pria yang berposisi sebagai Shooting guard ini meneken kontrak bersama Dallas Maverick pada 23 Juli 2018.

Pria berusia 24 tahun itu ingin mempersembahkan medali emas Asian Games untuk Tiongkok untuk yang pertama kalinya. Tiongkok sendiri sudah tujuh kali meraih medali emas Asian Games dari cabang olahraga basket.

Sebelumnya, Ding Yanyuhan bermain untuk tim Shandong Golden Stars dan mencatat rata-rata 26 poin, 5,2 rebound, dan 3,2 assist per gim.

Selain Din Yanyuhan, Tiongkok juga diperkuat bintang NBA lainnya, Zhou Qi. Qi saat ini memperkuat Houston Rockets, satu tim dengan James Harden.

Sepanjang NBA 2018 bersama Rockets, dia tampil dalam 18 pertandingan. Qi rata-rata menyumbang 1,2 poin per game, 1,2 rebound per game, 1 assist per game, dan 1 steal per game.

Prestasi terbaik Qi bersama basket Tiongkok terjadi pada 2015. Dia mempersembahkan medali emas di ajang FIBA Asia Championship.

Setelah talik ulur kepastian tampil di Asian Games 2018, Jordan Clarkson akhirnya tampil bersama negaranya, Filipina. Clarkson merupakan salah satu pemain Cleveland Cavaliers.

Cavaliers sendiri sempat melarangnya tampil di Asian Games 2018 karena kesepakatan awal mereka dengan FIBA.

Para pemain NBA hanya boleh berpartisipasi pada ajang Olimpiade, kejuaraan di bawah afiliasi FIBA, kejuaraan kontinental, dan kualifikasi turnamen pada masing-masing asosiasi. Sementara itu, Asian Games tidak ada dalam daftar tersebut.