Anies soal Kali Item: Nggak Ada yang Bau, yang Bau di Medsos

JK dan Anies. Foto: Muhammad Fida
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan sudah tak ada lagi bau di sekitar Kali Item, Kemayoran. Anies mengatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga mengapresiasi kerjanya mengatasi Kali Item.

"(JK) beliau seneng tadi juga lihat Wisma Atlet kan bilang 'apa itu, Nies, kok rame betul soal Kali Item? Coba kita ke sana aja'," kata Anies usai bertemu JK di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Anies menyampaikan kepada JK Kali Item sudah tak lagi berbau. Menurutnya, pro kontra mengenai Kali Item hanya ramai di media sosial.

"(Saya bilang) 'iya, Pak, emang udah nggak bau, yang masih bau itu di medsos. Tapi kalau di kalinya udah nggak ada'. Setelah itu (JK) bilang 'Sini ambil pisang saya coba, buktiin kalau udah nggak bau'," jelas Anies.

Usai peninjauan Wisma Atlet pagi tadi, JK dan Anies melihat-lihat kondisi Kali Item yang dipasang waring. Mereka tampak berbincang mengenai kondisi kali.

Beberapa saat kemudian, JK mengambil buah pisang dan menyantapnya bersama Anies. Dia memastikan Kali Item tidak berbau lagi.

"Bau nggak?" tanya JK ke rombongan yang hadir, di pinggir Kali Item, Jumat (3/8).

Sontak para rombongan menjawab, "Nggak, Pak," ujar rombongan.