Bintang NBA Gagal Perkuat Filipina di Asian Games 2018

Jordan Clarkson gagal membela Filipina di Asian Games 2018. (Mike Lawrie / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)
Rencana timnas basket Filipina untuk membawa bintang NBA ke Asian Games 2018, Jordan Clarkson tampaknya bakal gagal terwujud. Pasalnya, NBA tidak memberikan izin untuk pemain yang membela Cleveland Cavaliers tersebut.

Timnas basket Filipina tergabung di grup yang tak mudah di Asian Games 2018. Mereka akan menantang Tiongkok, Kazakhstan, dan Palestina di Grup D.

Itu sebabnya pelatih Yeng Guiao ingin membawa seluruh pemain terbaiknya di ajang ini. Sayangnya NBA tak mau mengabulkan permintaannya.

"Sesuai dengan perjanjian NBA dengan FIBA, maka setiap pemain NBA bisa berpartisipasi di Olimpiade, Piala Dunia, Kompetisi di wilayahnya, serta kualifikasi turnamen. Namun karena Asian Games tidak termasuk dalam kompetisi di atas, maka Jordan tak bisa tampil," kata juru bicara NBA, Tim Frank seperti dilansir Bleacher Report.

"Jadi NBA dan FIBA hanya membolehkan Jordan untuk tampil di turnamen yang telah disepakati bersama."

Tentu hal ini membuat Jordan kecewa. Ia langsung menuliskan pesan pada fans basket timnas Filipina di akun Facebooknya.

"Tentu saya sangat kecewa tidak diizinkan membela timnas. Namun meski tidak bisa bermain, namun jiwa saya tetap bersama pemain yang turun," ujar Jordan.

"Yang jelas ambisi dan hasrat saya bermain untuk Filipina tidak akan pudar. Semoga saja bisa terwujud dalam waktu dekat," ujarnya.

Filipina sendiri langsung bergerak cepat mencari pengganti Jordan. Pelatih Yeng Guiao akan memasukkan Don Trollano sebagai penggantinya.