Emas Pertama Pencak Silat di Asian Games 2018, Kado Istimewa dari Puspa Arumsar

Pesilat Indonesia, Puspa Arumsari, saat beraksi pada Asian Games di Arena Silat TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018). Puspa meraih medali emas kelas seni kategori tunggal putri dengan nilai 467. (Arie Basuki)
Puspa Arumsari tampil gemilang di cabang pencak silat Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018). Dara manis ini pun berhasil mempersembahkan medali emas pertama dari cabang pencak silat.

Puspa pun mendedikasikan medali emas itu untuk orang tua, bangsa Indonesia dan pelatihnya yang berulang tahun.

Puspa Arumsari meraih medali emas di nomor seni tunggal putri setelah mengumpulkan poin tertinggi, yaitu 467 poin. Puspa unggul cukup jauh atas pesaingnya, Nurzuhairah Mohammad Yazid, dari Singapura yang mengemas 445 poin dan Cherry May Regalado dari Filipina yang meraih 444 poin.

Rasa haru dan air mata tak bisa dibendung Puspa saat upacara penyerahan medali dan pengibaran bendera Merah Putih. Medali emas itu langsung didedikasikan kepada semua orang yang dikasihinya, termasuk masyarakat Indonesia.

"Rasanya luar biasa senang sekali. Ini sebuah kebanggaan bagi saya. Ini hadiah untuk diri saya sendiri, untuk orang tua, untuk bangsa Indonesia, dan juga beberapa pelatih yang hari ini dan beberapa hari lalu berulang tahun. Ini kado pertama dari pencak silat Indonesia untuk kalian semua," ujar Puspa Arumsari.

Tampil Lepas
Puspa mengaku tampil lepas. Ia hanya berusaha tampil maksimal dengan menyerahkan semua kepada Tuhan.

"Alhamdullilah saya tidak merasa kesulitan. Saya pasrah, saya ikhlas menjalaninya apa pun hasilnya tadi. Saya serahkan semua kepada Allah untuk menggerakkan saya dan alhamdullilah nikmat yang luar biasa bisa meraih emas," ujar Pupa Arumsari.