Go-Jek Resmi Mengaspal di Vietnam, Usung Nama Go-Viet

Tampilan aplikasi Go-Viet, layanan Go-Jek yang kini mengaspal di Vietnam (sumber: istimewa)
Go-Jek akhirnya resmi meluncurkan layanan pertamanya di luar Indonesia. Mengusung nama Go-Viet, aplikasi yang sudah tersedia di iOS dan Android itu sudah mengaspal di jalanan Vietnam.

Informasi yang diunggah akun Twitter resmi Go-Jek Tech menyebut layanan Go-Viet akan tersedia di 12 distrik di Ho Chi Minh City. Ada dua layanan yang dihadirkan Go-Viet, yakni Go-Bike dan Go-Send.

Selain menggunakan nama berbeda, Go-Jek juga melakukan lokalisasi ciri khas layanan Go-Viet. Di Indonesia, Go-Jek menggunakan warna hijau, sedangkan di Vietnam, Go-Viet menggunakan warna merah sebagai seragam.

"Mereka memang menggunakan merek berbeda, tapi tetap beroperasi sejalan dengan nilai yang berhasil menjadikan Go-Jek pemimpin pasar di Indonesia," tutur CEO dan Founder Go-Jek Nadiem Makarim dalam keterangan resmi, Kamis (2/8/2018).

Senada dengan Nadiem, CEO dan Co-Founder Go-Viet Nguyen Vu Duc menuturkan, dukungan Go-Jek merupakan hal ideal untuk layanan Go-Viet. Alasannya, selain dukungan teknologi dan kepiawaian, prinsip menjalankan perusahaan juga sama.

"Kita memiliki prinsip yang sama, yaitu hasrat membawa dampak positif bagi masyarakat lewat peningkatan taraf hidup dan penghasilan, serta menumbuhkembangkan bisnis skala mikro, kecil, dan menengah," tuturnya.

Rencana Go-Jek untuk mulai hadir di Vietnam sebenarnya sudah diketahui sejak Juni 2018. Selain Vietnam, startup asal Indonesia itu juga berencana hadir di Thailand dengan nama Get.

Ekspansi internasional ini sendiri dilakukan dengan perencanaan yang cukup lama, usai ronde terakhir penggalangan dana Go-Jek. Ketika itu, investasi berasal dari Astra International, Warburg Pincus, KKR, Meituan, Tencent, Google, termasuk Temasek.

Dari investasi itu, Go-Jek mendapatkan dana sebesar US$ 500 juta yang memang dialokasikan untuk ekspansi internasional, terutama di wilayah Asia Tenggara. Go-Jek juga berencana meluncurkan layanannya di Singapura dan Filipina.