Nekat! 2 Begal Beraksi di Depan Mapolrestabes Bandung

Dua begal diciduk polisi. (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Horor begal di Kota Bandung bukan hanya terjadi di dua lokasi. Satu lagi aksi begal terjadi dengan lokasi tepat di depan Mapolrestabes Bandung. Dua pelaku berhasil ditangkap.

Ricardo Ferino alias Rino dan Fadhil Ihza Maulana merampas sepeda motor jelang salat Idul Adha, Rabu (22/8) subuh kemarin, sekitar pukul 05.00 WIB. Sewaktu pembegalan, korban tengah melintas di depan Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung.

"Kejadiannya saat menjelang salat Idul Adha. Tapi tidak lama setelah itu, kita berhasil menangkap pelaku," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (23/8/2018).

Irman menuturkan kejadian bermula saat dua orang korban berinisial AMR dan FW tengah mengendarai sepeda motor. Saat melintas di Taman Vanda depan Mapolrestabes Bandung, korban dipepet oleh pelaku yang menggunakan sepeda motor.

"Modusnya dengan cara memepet dan merampas barang korban termasuk motornya," tutur Irman.

Setelah kejadian itu, polisi bergerak. Dua jam dari kejadian, dua pelaku ditangkap beserta barang dan motor hasil rampasannya oleh unit reserse kriminal Polsek Lengkong. 

Kedua pelaku kini mendekam di bui Mapolrestabes Bandung. Mereka diancam Pasal 365 ayat (2) ke-1e dan 4e KUHP ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup atau selama-lamanya dua puluh tahun.

Rino, salah satu pelaku menyebutkan, sebelum aksi pembegalan, dia sempat terlibat cekcok dengan korban. Rino naik pitam hingga akhirnya dia menendang korban.

"Kita adu mulut, terus saya tendang dan korban terjatuh," ucapnya.

Korban terjatuh. Dia langsung merampas motor milik korban dan kemudian melarikan diri. "Saya gelap mata, makanya saya ambil motornya," kata Rino.

Sebelumnya aksi begal juga terjadi di hari yang sama. Dua kejadian terjadi di dua tempat berbeda yakni di Jalan Jakarta dan Arcamanik Bandung. Begal di dua tempat tersebut masih berkeliaran.