Pelayan Restoran di Jakarta hingga Penjinak Bom, Ini Robot Canggih Made in China

Robot Carrying yang difungsikan sebagai pelayan ini dipajang di kantor HRG, Harbin, China. (Tanti Yulianingsih)
Dengan maksud membantu pekerjaan manusia, robot diciptakan. Jenisnya pun beragam, hingga yang diperuntukkan di rumah tangga maupun sektor industri publik.

Salah satu perusahaan robot ada di Harbin, China. Namanya HIT Robot Group (HRG). Salah satu produknya juga pernah diimpor ke Indonesia.

"Kami menjual produk robot delivery atau carrying robot ke Indonesia melalui agen, harganya sekitar US$ 1.000 hingga US$ 2.000," ujar Senior Vice President HRG, Liang Jian, Minggu (26/8/2018).

"China memiliki pasar besar robot di dunia...," imbuhnya.

Liang Jian menjelaskan, unit carrying robot yang diekspor ke Indonesia digunakan oleh sebuah industri makanan di Jakarta.

"Dipakai oleh restoran China di Jakarta, kalau tidak salah tahun 2016 lalu," tambah Liang Jian.

Selain itu, belum lama ini teaching robot juga terjual ke Singapura.

"Jadi ada sejumlah negara yang sudah mengimpor produk robot dari kami sejauh ini. Mereka adalah India, Malaysia, India, Las Vegas Amerika, Singapura," papar Liang Jian.

Liang Jian menuturkan, Thailand dan Eropa juga termasuk negara yang mengekspor produk dari HRG.

Pabrik yang berlokasi di pusat kota Harbin ini khusus untuk bidang transformasi teknologi robotik. "Produk dan desain produk kami sangat unik," ujar salah satu staf HRG.

Sejauh ini HRG sudah memiliki enam kantor cabang di Amerika, Korea, Jepang, Singapura dan Eropa. Robot yang diciptakan diperuntukkan beragam industri, seperti pendidikan, hiburan hingga kecantikan.

Sejumlah penghargaan pun telah diraih oleh perusahaan tersebut.

Robot Penjinak Bom
Robot untuk penjinak bom yang dipajang di kantor HRG, Harbin, China. (Tanti Yulianingsih)