Prabowo Menang di Polling Iwan Fals, Jokowi Unggul di Faizal Assegaf

Foto: dokumentasi 
Gerindra jemawa duet Prabowo-Sandiaga unggul di sejumlah polling medsos, salah satunya di polling yang digelar musisi kondang Iwal Fals. Namun Jokowi juga menang di polling yang digelar aktivis '98 Faizal Assegaf, juga di medsos.

Akun Twitter terverifikasi, @iwanfals, membuat polling pada 9 Agustus lalu. Polling-nya sudah berakhir dengan kemenangan Prabowo-Sandi (PraSan) 68% melawan Jokowi-Ma'ruf (JokMar) dan tak memilih 5%. Polling diikuti 50.216 voters.

Di sisi lain, akun Instagram @faizalassegaf juga membuat polling. Hasilnya berkebalikan dengan Twitter @iwanfals. Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan 69%, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno 30%. Ragu-ragu atau golput 1%. Polling diikuti 114.214 voters.

Di akun Twitter-nya, @faizalassegaf juga membuat polling. Hasilnya mirip, Jokowi-Ma'ruf Amin 68%, Prabowo-Sandiaga Uno 30%, dan ragu-ragu/golput 2%.

Di sisi lain lagi, Fahri Hamzah juga membuat polling yang agak berbeda. Dia mempertanyakan kelayakan calon. Polling itu digelar Fahri di akun Twitter-nya, @Fahrihamzah. Ada 10 versi polling yang diselenggarakan Fahri. Soal calon ideal, Prabowo keluar sebagai pemenang. Di sisi lain, Jokowi menang sebagai calon paling tidak ideal. Berikut ini dua polling Fahri Hamzah soal calon ideal dan calon tidak ideal: 

Polling 4
Calon paling ideal (pemilih: 5.349)
Jokowi: 14%
Prabowo: 66%
Ma'ruf: 2%
Sandi: 18%

Polling 5 
Calon paling tidak ideal (pemilih: 6.700)
Jokowi: 51%
Prabowo: 9%
Ma'ruf: 30%
Sandi: 10%