Raih Medali Emas, Atlet Asian Games Dihadiahi Rumah Gratis

Menpora Imam Nahrawi (kiri), Menko Polhukam Wiranto dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat menyaksikan semifinal bulu tangkis beregu putra Asian Games 2018, Indonesia melawan Jepang di Jakarta, Selasa (21/8). (Helmi Fithriansyah)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan para atlet peraih medali emas di Asian Games akan mendapat rumah gratis dari pemerintah.

Menurut Basuki, hal ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas prestasi yang mereka dapatkan dalam ajang olahraga se-Asia.

"Di samping (bonus) Rp 1,5 miliar, dapat rumah," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018).

Basuki mengatakan, rumah cuma-cuma bagi atlet peraih emas itu bertipe 36. Nantinya rumah tersebut dibangun sesuai domisili atlet tersebut.

"Setiap yang dapat medali emas dapat rumah tipe 36. Tergantung kampungnya di mana. Lokasinya menyesuaikan dia," ucap Basuki.

Sementara untuk harga rumah, Basuki mengungkapkan pemerintah telah menyiapkan Rp 70 juta hingga Rp 100 setiap rumah. Tergantung lokasi dibangunnya rumah tersebut.

"Ya bagus. Yang lain (untuk nelayan) juga bagus sih. Podo wae. Ini lebih bagus lah," ungkap Basuki.

Ide Wapres Jusuf Kalla
Menurut Basuki, pemberian rumah gratis bagi atlet peraih medali emas merupakan ide dari Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Saya diperintakan Pak Wapres begitu, oke. Yang nelayan dikasih, yang perbatasan dikasih, ini kok yang berprestasi enggak dikasih? Gitu," kata Basuki.

Namun, Basuki mengaku pembangunan rumah gratis tersebut masih dalam tahap pembahasan. "Kalau 2018 masih ada program alocated, kalau enggak 2019. Anggarannya, rumah khusus ada, rumah susun ada, enggak banyak kok," tandas dia.